HOME
Home » Unik » 5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam

5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam

Posted at June 4th, 2013 | Categorised in Unik

Pemanasan Global yang menyebabkan naiknya permukaan air laut, penurunan tanah (land subsidence) akibat penyedotan sumber air tanah yang berlebihan menjadi ancaman serius terhadap beberapa kota besar di dunia, bahkan salah satu kota yang terancam akan tenggelam berada di Indonesia. Simak selengkapnya tentang 5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam berikut ini.

Bangkok

1. Bangkok, Thailand
Pada tahun 2100, Bangkok diprediksi akan menjadi Atlantis kedua. Ibukota Thailand tersebut tenggelam disebabkan beberapa faktor, antara lain perubahan iklim karena efek rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah.Prediksi tersebut dikemukakan oleh kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand Smith Dharmasaroja. Oleh sejumlah pihak, prediksi Smith ditanggapi serius. Sebelumnya dia sudah meramalkan adanya Tsunami di sekitar Samudera Hindia pada tahun 2004.
Selain itu, letak kota yang berada 1,5 meter di bawah permukaan laut menyebabkan Bangkok selalu mengalami banjir setiap tahun.

Ho Chi Minh City

2. Ho Chi Minh City, China
Salah satu kota di Asia Tenggara yang terancam tenggelam adalah Ho Chi Minh City. Setiap tahun, ketinggian banjir meninggi setinggi 2 sentimeter.

Shanghai, China

3. Shanghai, China
Struktur tanah yang semula daerah rawa yang kemudian dipenuhi oleh bangunan pencakar langit, menyebabkan permukaan tanah Shanghai menurun setengah inchi setiap tahunnya.Kebutuhan akan bangunan pencakar langit tersebut meupakan imbas dari melonjaknya populasi penduduk Shanghai. Pada tahun 2001, penduduk kota yang berada di muara Sungai Yangze ini berjumlah 20 juta orang.

Mumbai, India

4. Mumbai, India
Pada tahun 2008, Kelompok aktivis Greenpeace memperkirakan, pada tahun 2100, kota Mumbai akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut hingga 5 meter disebabkan oleh mencairnya es kutub.Dalam laporan yang berjudul ‘Iklim Migran di Asia Selatan’ Greenpeace mencairnya es kutub disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi hingga 4-5 derajat karena pemanasan global.

Jakarta, Indonesia

5. Jakarta, Indonesia
Selain letak geografis yang berada di bawah permukaan air laut, kebutuhan akan air tanah yang tinggi ditengarai menjadi salah satu penyebab tenggelamnya daratan Jakarta. Populasi penduduk yang terus meningkat menjadi alasan utama kebutuhan akan air tanah. Dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, diperkirakan jumlah penduduk di Ibukota meningkat hingga 40 juta jiwa.Pakar hidrologi asal Belanda, JanJaap Brinkman menjelaskan, jika proses penyedotan air yang terus-menerus dilakukan tidak segera dihentikan, di akhir abad, Jakarta akan tenggelam.
“Jika ekstraksi (penyedotan) air tanah tidak segera dihentikan, di penghujung abad, Jakarta akan tenggelam dengan kedalaman lima hingga enam meter,” jelasnya seperti dikutip theatlanticcities.com.

Mari bersama kita menjaga bumi ini agar bisa menjadi warisan bagi generasi penerus bangsa kita.
Hentikan pembalakan liar!
Hentikan pemanasan global!
Hemat energi!

kw:

    kota terbesar di dunia, Kota termaju di indonesia, kota termaju di dunia, kota terbesar di asia tenggara, kota terkotor di asia tenggara, kota termaju di asia, 5 kota besar di vietnam, 10 kota terbersih di asia tenggara, kota terluas di dunia, Kota terbesar di asia

Apa pendapat Sobat tentang artikel ini?

Komentar

No comment for 5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to 5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam

More Related Post

Indonesia adalah negara maju

Indonesia adalah negara maju, lebih dari amerika dan eropa

Posted at 14 August 2016

  Dalam sebuah pengajian di sebuah pondok pesantren, seorang jama’ah bertanya pendapat gurunya tentang Indonesia negara maju. “Jika kita melihat negara lain di luar,... Read More

Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan Keberanian Agar Tidak Keracunan

Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan Keberanian Agar Tidak Keracunan

Posted at 13 August 2016

Selama pagi Sobat yang baik hati, pagi ini CuitNews mau berbagi sebuah artikel yang dikumpulkan dari berbagai sumber tentang Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan dan... Read More

About Us

Cuitnews.com menyajikan informasi edukatif, unik, dan media portal yang fokus pada berita Nasional, Internasional, Teknologi, Entertainment, Ekonomi, dan lainnya.

Contact us: a[at]cuitnews.com

Social Media

twitterfacebookgplusyoutubeinstagram
bpjs kesehatan blog
find car insurance quotes