HOME
Home » Unik » 7 Cara Menghadapi Kritik Dengan Bijak

7 Cara Menghadapi Kritik Dengan Bijak

Posted at June 3rd, 2013 | Categorised in Unik

Cara Menghadapi Kritik Dengan BijakBanyak cara untuk menghadapi kritik menjadi masukan yang positif untuk dapat kita gunakan dalam rangka memperbaiki kualitas pribadi, namun ada sebagian orang yang menganggap kritik adalah bagian dari kelemahan dirinya yang harus ditutupi atau bahkan dibalas dengan cercaan kepada orang yang mengkritik, berikut ini 7 Cara Menghadapi Kritik Dengan Bijak versi CuitNews.

1. Apa yang bisa saya pelajari dari kritik?
Kebanyakan kritik mungkin didasarkan, setidaknya sebagian, pada kebenaran. Kritik mungkin tampak negatif. Tapi melalui kritik kita memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang dari saran orang lain.

2. Tanggapi sarannya bukan nada kritiknya
Orang lain dapat memberikan saran penting dan berharga melalui kritik. Namun, ada nada dan gaya kritik yang bersifat konfrontatif. Dalam hal ini kita perlu memisahkan kritik dari gaya kritiknya. Bahkan jika orang lain berbicara dengan nada marah, kita harus mencoba untuk mensarikan saran yang berguna dari luapan emosi mereka.

3. Menghargai kritik
Sebagian besar dari kita hanya menghargai pujian. Ketika orang lain berbicara dengan kata-kata yang baik, kita merasa bahagia. Ketika orang lain mengkritik, kita merasa sengsara. Namun, jika kita hanya menerima pujian dan sanjungan palsu, apalah kita akan mengalami kemajuan? Jika kita ingin meningkat dan berkembang kita harus mengundang hadirnya kritik konstruktif dan menghargai saran-saran mereka.

4. Jangan tersinggung
Hal ini sering menjadi masalah terbesar yang terjadi sehubungan dengan kritik. Seseorang dapat menemukan alasan bagus mengapa, misalnya, karya seni kita dinilai buruk, tetapi, ini tidak berarti mereka mengkritik diri kita. Ketika orang lain mengkritik kita secara langsung, kita harus merasa bahwa mereka tidak mengkritik diri kita yang sebenarnya, tetapi, hanya aspek kembaran diri kita sendiri. Ketika kita mengkritik orang lain, kita mungkin mengkritik kebanggaan atau kecemburuan mereka, tetapi, kecemburuan adalah emosi sesaat belaka, itu bukan pribadi mereka yang sesungguhnya.

5. Abaikan kritik yang salah
Kadang-kadang kita dikritik tidak berdasarkan kebenaran. Ini adalah pengalaman yang menyakitkan. Tapi, kemungkinan kita bisa menanganinya dengan lebih mudah daripada kritik yang berdasarkan atas kebenaran. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan mengabaikan sepenuhnya. Kita harus merasa bahwa kritik palsu sama seperti semut yang mencoba untuk menyakiti seekor gajah. Jika kita tetap diam menghadapi kritik tersebut, kita akan menghemat energi. Jika kita merasa perlu untuk melawannya, maka kita akan mengeluarkan energi untuk hal yang percuma. Dengan tetap diam kita mempertahankan martabat yang akan mendatangkan rasa hormat dari orang lain.

6. Jangan segera menanggapi kritik
Cara terbaik adalah dengan sedikit menunggu sebelum menjawab. Jika kita menanggapi kritik dengan rasa marah, maka yang datang berikutnya adalah rasa penyesalan. Jika kita bersabar, hal itu dapat memungkinkan kita untuk menanggapi kritik dengan cara yang tenang dan bijak.

7. Tersenyum
Senyumlah, walaupun itu adalah senyum palsu. Hal itu dapat membantu kita untuk lebih santai. Hal ini menciptakan getaran positif dan mencairkan situasi. Secara psikologis hal ini sangat membantu. Tersenyum akan memotivasi orang lain untuk melunakkan kritikan mereka.

Semoga artikel 7 Cara Menghadapi Kritik Dengan Bijak bisa menambah referensi kita dalam menghadapi kritikan teman-teman menjadi kritikan konstruktif dalam implementasi sehari-hari.

kw:

    cara menghadapi kritik, cara menanggapi kritikan, cara menghadapi kritikan, sebutkan 3 cara menghadapi kritik, cara mengkritik karya seni, cara menyikapi kritikan, kata kata buat cewek murahan, cara mengkritik musik, bagaimana cara menanggapi kritik, cara menanggapi kritik

Apa pendapat Sobat tentang artikel ini?

Komentar

No comment for 7 Cara Menghadapi Kritik Dengan Bijak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to 7 Cara Menghadapi Kritik Dengan Bijak

More Related Post

Indonesia adalah negara maju

Indonesia adalah negara maju, lebih dari amerika dan eropa

Posted at 14 August 2016

  Dalam sebuah pengajian di sebuah pondok pesantren, seorang jama’ah bertanya pendapat gurunya tentang Indonesia negara maju. “Jika kita melihat negara lain di luar,... Read More

Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan Keberanian Agar Tidak Keracunan

Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan Keberanian Agar Tidak Keracunan

Posted at 13 August 2016

Selama pagi Sobat yang baik hati, pagi ini CuitNews mau berbagi sebuah artikel yang dikumpulkan dari berbagai sumber tentang Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan dan... Read More

About Us

Cuitnews.com menyajikan informasi edukatif, unik, dan media portal yang fokus pada berita Nasional, Internasional, Teknologi, Entertainment, Ekonomi, dan lainnya.

Contact us: a[at]cuitnews.com

Social Media

twitterfacebookgplusyoutubeinstagram
bpjs kesehatan blog
find car insurance quotes