Internasional

2 Kapal yang Sempat Dibajak Abu Sayyaf Kembali ke Indonesia

Kapal Henry dan Christy yang sempat dibajak Abu Sayyaf telah kembali ke Indonesia
Written by Bang Cuit

CuitNews, Jakarta | Setelah bersandar di pelabuhan Lahat Datu lebih dari seminggu, Kamis 21 April pukul 11.30 waktu setempat, kapal Henry dan Christy telah kembali berlayar dari Lahad Datu, Sabah menuju Tarakan, Indonesia.

“KRI Tawau, telah berkoordinasi dengan TNI AL, untuk proses penerimaan pengawalan di perbatasan. Kedua kapal tersebut memasuki perairan Indonesia sekitar pukul 03.00 dini hari, disambut oleh KRI Mandau & KRI Ahmad Yani yang mengawal kedua kapal menuju Tarakan,” kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal dalam pernyataan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Senin (25/4/2016).

Kapal tersebut kembali berlayar dengan pengawalan kapal dati Komando Angkatan Laut Timur Sabah, Malaysia, hingga ke perairan perbatasan Malaysia-Indonesia.

Kapal berlayar membawa 5 kru yg selamat dan dengan tambahan 1 nahkoda baru yg dikirimkan oleh pihak perusahaan. Waktu tempuh ke perbatasan (di sekitar perairan Sipadan-Ligitan) diperkirakan sekitar 14 jam.

Sebelum berlayar, Konsulat RI Tawau, yang selama seminggu terakhir menangani dan memantau kedua kapal bersama kru, menyerahterimakan kedua kapal dan krunya kepada Kapten kapal yang mewakili perusahaan.

Sebagaimana pernah disampaikan sebelumnya, pada tanggal 15 April pukul 18.31 waktu setempat, kapal Henry dan kapal Christy yang membawa 10 orang ABK WNI dibajak diperbatasan perairan Malaysia dan Filipina.

Dalam peristiwa tersebut empat ABK diculik dan hingga saat ini masih disandera. Sedangkan, lima ABK lain memang tidak pernah disandera oleh kelompok Abu Sayyaf. Selain itu, satu ABK mengalami luka tembak dan hingga saat ini masih dalam perawatan intensif di RS di Tawau.

About the author

Bang Cuit

Penulis sehari-hari berprofesi sebagai businessman di dunia cyber dan blogger aktif yang suka corat-coret di beberapa blog miliknya, Baginya yang penting Happy dan bisa berbagi informasi.