HOME
Home » featured » Unik » Inilah ‘Gelina’ Tradisi Pengantin Unik Bulgaria

Inilah ‘Gelina’ Tradisi Pengantin Unik Bulgaria

Posted at May 4th, 2016 | Categorised in featured, Unik

Pengantin unik terjadi di berbagai belahan dunia, begitu juga di Bulgaria, disana ada juga tradisi pengantin unik Bulgaria yang oleh penduduk setempat biasa disebut “Gelina”. Sekitar 7,8% populasi negara Bulgaria menganut agama Islam. Saat Bulgaria dijadikan negara satelit oleh Uni Soviet pada era Perang Dingin, banyak dari tradisi kaum Muslim di negara tersebut yang terpaksa dihapus atau dihilangkan karena dianggap bertolak belakang dengan ideologi komunisme.

Seorang pengantin Muslim di desa terpencil Draginovo di Bulgaria, Emilia Pechinkova memutuskan untuk kembali menggunakan tradisi pernikahan Islam yang sempat terlupakan karena pelarangan dari Uni Soviet.

Salah satu tahapan pengantin Muslim di Bulgaria untuk menandai transisi mereka dalam pernikahan adalah tradisi gelina Bulgaria atau teknik melukis wajah.

Melansir dari Huffington Post, Selasa (3/5/2016), dalam tradisi gelina wajah pengantin Muslim dilukis dengan kosmetik yang tebal sampai terlihat seperti topeng yang mereka sebut sebagai belilo.

Inilah 'Gelina' Tradisi Pengantin Unik Bulgaria

tradisi pengantin Muslim Bulgaria ‘gelina’ atau teknik melukis wajah membentuk topeng (foto: huffingtonpost.com)

Umumnya, perias wajah akan menghabiskan waktu selama dua jam untuk melukis topeng belilo pada wajah pengantin dan menghiasinya dengan payet berpola bunga.

Melansir dari CNN, proses gelina merupakan sebuah simbol kesucian pengantin wanita. Agar belilo tidak luntur, calon pengantin disarankan untuk tidak banyak bergerak.

Inilah 'Gelina' Tradisi Pengantin Unik Bulgaria

Tradisi pengantin Muslim Bulgaria ‘gelina’ atau teknik melukis wajah membentuk topeng (foto: huffingtonpost.com)

Acara akan dimulai dengan doa pengantar yang dibawakan oleh imam. Lalu pengantin Muslim ini akan diantar keluar rumah oleh kedua orang tuanya menuju rumah calon pengantin pria.

Ritual kalangan Muslim di Bulgaria atau budaya kaum ‘Pomaks’ ini sempat dianggap sebagai hal yang bertentangan bukan hanya dengan ideologi komunis tetapi juga dengan tradisi Kristen ortodoks di negara tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, tradisi pengantin unik Bulgaria tersebut mulai bisa diterima oleh masyarakat setempat.

kw:

    20 Ciri Wanita Idaman Pria | CuitNews com, Fakta unik islam di bulgaria

Apa pendapat Sobat tentang artikel ini?

Komentar

No comment for Inilah ‘Gelina’ Tradisi Pengantin Unik Bulgaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Inilah ‘Gelina’ Tradisi Pengantin Unik Bulgaria

More Related Post

Indonesia adalah negara maju

Indonesia adalah negara maju, lebih dari amerika dan eropa

Posted at 14 August 2016

  Dalam sebuah pengajian di sebuah pondok pesantren, seorang jama’ah bertanya pendapat gurunya tentang Indonesia negara maju. “Jika kita melihat negara lain di luar,... Read More

Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan Keberanian Agar Tidak Keracunan

Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan Keberanian Agar Tidak Keracunan

Posted at 13 August 2016

Selama pagi Sobat yang baik hati, pagi ini CuitNews mau berbagi sebuah artikel yang dikumpulkan dari berbagai sumber tentang Renungan Keyakinan Kepercayaan Harapan dan... Read More

About Us

Cuitnews.com menyajikan informasi edukatif, unik, dan media portal yang fokus pada berita Nasional, Internasional, Teknologi, Entertainment, Ekonomi, dan lainnya.

Contact us: a[at]cuitnews.com

Social Media

twitterfacebookgplusyoutubeinstagram
bpjs kesehatan blog
find car insurance quotes