HOME
Home » Analisa Saham IDX » Kamis 8 Desember: Analisa Saham Property dan Konstuksi hari ini

Kamis 8 Desember: Analisa Saham Property dan Konstuksi hari ini

Posted at December 8th, 2016 | Categorised in Analisa Saham IDX

Tips trading saham hari ini
IHSG : 5,265.368 (-7.597) (-0.144%)

Hari ini IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dengan testing area 5300-5330. Analisa saham property dan saham konstuksi hari ini sudah sangat berada di area support, jadi buat Sobat yang belum punya saham di sektor property dan konstruksi, sudah bisa siap2 portofilio untuk bertransaksi. Mengapa? berikut ini CuitNews akan jelaskan analisa selengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber member premium dan analis trading professional.

Efek Window Dressing
Bulan Desember menjadi bulan yang paling dinantikan oleh para trader dan investor, kenapa ? Salah satu alasannya ialah karena window dressing ini sering diartikan sebagai kondisi di mana IHSG akan cenderung menguat menjelang penutupan akhir tahun. Benarkah ?

Fluktuasi minyak mentah
CMC Markets memprediksi adanya peluang AS untuk menaikkan suplai shale oil untuk mengambil keuntungan dari peningkatan harga minyak. Hal ini tercermin dari laporan terbaru US Energy Information Administration (EIA) yang menaikkan proyeksi produksi minyak AS pada 2016 dan 2017.

Dalam laporannya, EIA menyebutkan rata-rata produksi minyak AS pada 2016 menjadi 8,86 juta barel per hari, dibandingkan riset periode November sebesar 8,84 juta barel per hari. Sementara itu pada 2017, proyeksi dinaikkan menuju 8,78 juta barel per hari dari sebelumnya 8,73 juta barel per hari.

Selain itu, adanya keraguan terkait perjanjian OPEC yang juga akan melibatkan non anggota seperti Rusia. Padahal, OPEC maupun Rusia mencapai rekor produksi tertinggi pada periode November 2016.

Hal tersebut menimbulkan adanya keraguan terhadap kepatuhan pemangkasan produksi antara OPEC dan Rusia. Ada potensi produksi minyak AS akan kembali bangkit.

Analisa saham property dan analisa saham konstuksi

Stabiltas ekonomi Indonesia yang dihadapi oleh kondisi dari perekonomian global yang penuh dengan ketidakpastian, diharapkan dapat memberikan kepercayaan yang besar bagi pelaku pasar baik domestik maupun investor asing. Namun, tantangan baru bagi perekonomian Indonesia pengaruh ekonomi global dampak dari perekonomian Amerika Serikat (AS) di bawah kepimpiman Donald Trump.

Sempat terjadi modal asing keluar dari Indonesia tercatat mencapai Rp16 triliun pada pertengahan November 2016 atau paska terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS.

Pemerintah optimis ekonomi Indonesia dinilai cukup kuat untuk menghadapi Trump Effect yang dianggap memunculkan ketidakpastian dalam pemulihan ekonomi global.

Optimitis terhadap perekonomian Indonesia kuartal IV yang membaik dan terjaga pertumbuhannya hingga akhir tahun, kondisi keamanan secara nasional tetap kondusif paska demo Aksi Bela Islam III super damai serta terkendalinya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS. Dari sentimen ini dapat membuka peluang bagi IHSG untuk kembali menguat pada perdagangan saham hari ini.

Dengan adanya arahan positif dari mayoritas bursa Eropa dan indeks-indeks Wall Street (22/9), IHSG berpeluang menguji level psikologis 5400 pada hari ini (23/9). Euforia hasil FOMC the Fed yang mempertahankan the Fed Rate setidaknya hingga akhir tahun 2016 masih menjadi katalis positif bagi IHSG untuk menguji level 5400 tersebut. Selain the Fed, sentimen positif lainnya berasal dari keputusan Bank Indonesia menurunkan BI 7-day Reverse Repo sebesar 50 bps menjadi 5% (22/9). Sebelumnya, kebijakan moneter akomodatif juga diterapkan oleh Bank of Japan (BoJ) yang mempertahankan sukubunga negatif (-0.10%).

Selain bursa-bursa Eropa, ekspektasi perpanjangan program pembelian obligasi oleh ECB selama 6 (enam) bulan juga menjadi salah satu pemicu penguatan signifikan sejumlah bursa Asia, diantaranya Nikkei (+1.20%), ASX 200 (+1.07%) dan KOSPI (+1.09%) pada pembukaan perdagangan Kamis (8/12).

Penguatan bursa-bursa global dan regional diatas menjadi sentimen positif bagi IHSG pada perdagangan hari ini (8/12). Namun demikian, tetap waspadai indikasi konsolidasi, mengingat sejumlah data ekonomi domestik terbaru kurang memuaskan. Pertama adalah penurunan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) menjadi 115.9 pada bulan November dari 116.8 pada bulan Oktober. Kedua adalah penurunan Cadangan Devisa Indonesia menjadi US$111.5 miliar per akhir November dari US$115 per akhir Oktober. Namun demikian, perlu dicatat bahwa meskipun mengalami penurunan, kedua data diatas masih cukup baik. Meski turun, IKK masih berada dalam level optimis. Meski turun, Cadangan Devisa Indonesia masih mampu membiayai 8.5 bulan impor atau 8.1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah. Angka ini jauh di atas standar kecukupan internasional, yaitu tiga bulan impor.

Watch list saham hari ini:
ADHI, ASRI, PPRO, ASRI, MLPL, JSMR

Demikian analisa saham sektor property dan saham konstuksi hari ini Kamis tanggal 08 Desember 2016. Semua keputusan ada di Sobat masing-masing, artikel ini hanya sebagai referensi bukan bertujuan sebagai perintah Sobat untuk bertransaksi.

Credit by:
– Equity Research Department @ BNI Securities
– Phintraco Sekuritas
– Ellen May Institute
– WH Project Outlook

Apa pendapat Sobat tentang artikel ini?

Komentar

No comment for Kamis 8 Desember: Analisa Saham Property dan Konstuksi hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Kamis 8 Desember: Analisa Saham Property dan Konstuksi hari ini

More Related Post

Tips trading saham hari ini

Selasa 6 Desember: Tips trading saham hari ini

Posted at 6 December 2016

Hai Sobat trader saham di Indonesia, sembari ngopi… CuitNews sedikit berbagi Selasa 6 Desember 2016 Tips trading saham hari ini yang dikutip dari berbagai... Read More

About Us

Cuitnews.com menyajikan informasi edukatif, unik, dan media portal yang fokus pada berita Nasional, Internasional, Teknologi, Entertainment, Ekonomi, Bursa Saham dan lainnya.

Contact us: a[at]cuitnews.com

Social Media

twitterfacebookgplusyoutubeinstagram
bpjs kesehatan blog
find car insurance quotes