Pariwisata

Pemerintah Kembangkan 10 Destinasi Wisata Tahun 2016

Pemerintah Kembangkan 10 Destinasi Wisata Tahun 2016
Written by Bang Cuit

CuitNews, Pariwisata | Pemerintah diminta memperhatikan potensi dan lebih menonjolkan keunikan sepuluh calon destinasi wisata yang tahun ini akan dikembangkan hingga menyamai Bali.

Kepala Pusat Penelitian Kebudayaan dan Kepariwisataan Universitas Udayana Anak Agung Suryawan Wiranatha mengatakan, dengan menonjolkan keunikan setiap daerah, wisatawan akan tertarik datang.

“Harus dicarikan keunikannya apa. Walaupun, misalnya sama-sama diving dengan Bali, ditonjolkan di situ keunikan karangnya dan apa yang ada di situ,” katanya saat diskusi pariwisata di Denpasar, beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Anak Agung Suryawan menanggapi langkah Kementerian Pariwisata mengembangkan sepuluh destinasi itu.

10 Destinasi Wisata Tahun 2016 tersebut adalah Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Candi Borobudur (Magelang, Jawa Tengah), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Wakatobi, Pulau Morotai (Maluku Utara), dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

Selain keunikan, yang perlu diperhatikan adalah pemahaman masyarakat dan infrastruktur.‎ Pemahaman masyarakat harus mulai dibangun agar mau terlibat pengembangan destinasi setempat.

“Masyarakat harus mulai memahami bahwa pariwisata merupakan kegiatan yang juga harus diberikan layanan memadai. Kalau wisatawan senang, mereka bisa tinggal lama dan spending -nya banyak,” katanya.

Untuk infrastruktur, Anak Agung Suryawan menilai, pemerintah saat ini sudah mulai memberikan perhatian‎ lebih besar. Ia mencontohkan Wakatobi yang selama 5 tahun belum memiliki akses penerbangan langsung.

Baca  Wisata Banda Aceh: 14 Tugu di Banda Aceh yang wajib diketahui

Dikutip dari Bisnis.com, bahwa Anak Agung Suryawan pernah melakukan perjalanan hingga 8 jam saat akan menyurvei lokasi tersebut.

“Sekarang sudah ada direct flight. Dari Bali juga ada. Destinasi lain juga harus dibantu terkait dengan infrastruktur,” ujarnya.

About the author

Bang Cuit

Penulis sehari-hari berprofesi sebagai businessman di dunia cyber dan blogger aktif yang suka corat-coret di beberapa blog miliknya, Baginya yang penting Happy dan bisa berbagi informasi.