HOME
Home » featured » Review » Samsung Galaxy A5 2016 review, spesifikasi, gambar, dan harga

Samsung Galaxy A5 2016 review, spesifikasi, gambar, dan harga

Posted at April 26th, 2016 | Categorised in featured, Review

Samsung kembali menghadirkan perangkat untuk kelas menengah, namun kali ini, Samsung tidak lagi menyematkan bahan plastik yang kerap kali menjadikan tampilan perangkat kurang cantik.

Sebagai gantinya, Samsung menghadirkan perangkat berbahan kaca yang berkesan elegan, serupa yang digunakan oleh perangkat premiumnya. Selain di segi desain, Samsung juga membekali perangkat kelas menengahnya dengan spesifikasi yang dapat diandalkan. Berikut ulasannya dikutip dari Metrotvnews.com.

Desain
Samsung Galaxy A5 hadir dengan garis desain serupa Galaxy S6, namun dengan sudut lebih membulat dan garis lebih tegas. Galaxy A5 juga hadir dengan bingkai metal dan dukungan teknologi Gorilla Glass 4 pada kaca 2.5D di bagian depan dan belakang. Uniknya, meski berbahan kaca, bodi perangkat ini tergolong tidak mudah kotor akibat noda sidik jari.

Bergaris desain serupa, Galaxy A5 tampil dengan ketebalan dan bobot lebih tebal dan berat dibandingkan Galaxy S6. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi kenyamanan saat menggenggam, menyimpan ponsel di dalam saku, ataupun menggunakannya dengan satu tangan.

samsung-galaxy-a5-2016-spesifikasi

Samsung Galaxy A5 2016 Desain Elegan

Kesan elegan juga dapat ditemukan pada tombol fisik Home yang dapat ditemukan di bagian depan perangkat, diapit oleh tombol sentuh kapastif. Tombol yang juga berfungsi sebagai wadah sensor pemindai sidik jari ini dibingkai oleh bahan metal tipis, serupa perangkat sebelumnya.

Anda dapat menemukan port micro USB 2.0, speaker dan jack audio 3,5mm di sisi bawah perangkat, yang diapit oleh garis serupa garis anntena. Garis yang sama juga dapat ditemukan di sisi atas perangkat.

Samsung Galaxy A5 2016 Port microUSB 2.0

Samsung Galaxy A5 2016 Port microUSB 2.0

Namun, mengusung kemampuan kartu SIM ganda, Samsung menyematkan slot kartu SIM kedua di bagian kiri atas perangkat. Sementara slot kartu SIM pertama ditempatkan berdampingan dengan slot kartu MicroSD, bersebelahan dengan tombol daya. Tombol daya hadir dalam balutan bahan metal, serupa dengan tombol volume yang terletak di seberangnya.

Software & Antarmuka
Samsung Galaxy A5 hadir dengan dukungan sistem operasi 5.1.1 Lollipop dan sentuhan sistem TouchWiz. Dari tampilan antarmukanya, tidak banyak perbedaan yang dapat ditemukan jika dibandingkan dengan sang adik, Samsung Galaxy A3.

Samsung Galaxy A5 juga dilengkapi dengan halaman Briefing, menampilkan sejumlah artikel berita yang dikumpulkan oleh layanan Flipboard. Sementara itu, pada bar drop-down, Anda dapat menemukan sejumlah shortcut beberapa fitur, di antaranya adalah S Finder dan Quick Connect.

Samsung Galaxy A5 2016 Antarmuka default Samsung yang dilengkapi dengan Theme Store

Samsung Galaxy A5 2016 Antarmuka default Samsung yang dilengkapi dengan Theme Store

Serupa perangkat seri A lainnya, A5 juga dibekali dengan berbagi tema yang hanya dapat diperoleh melalui Theme Store milik Samsung. Mengubah tema turut mengubah wallpaper dan ikon serta memodifikasi tampilan beberapa aplikasi bawaan. Samsung juga menyediakan tema eksklusif untuk Galaxy seri A pada Theme Storenya.

Ponsel cerdas ini hadir dengan bekal fitur pemindai sidik jari yang dapat digunakan sebagai kunci alternatif untuk layar. Menggunakan fitur ini menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih mudah dan baik berkat keamanan lebih terjamin, meski beberapa kali fitur ini terasa lamban.

Selain itu, untuk urusan bloatware, Samsung juga membekali perangkat ini dengan sejumlah aplikasi bawaan, meski tidak sebanyak pendahulunya. Anda hanya dapat menemukan S Planner sebagai pengganti menu Calendar pada Android, S Health, S Voice, Galaxy Apps, Smart Manager, S Lime, dan Galaxy Gift Indonesia.

Kamera
Mengusung resolusi 13MP, kamera Samsung mampu menghadirkan hasil foto yang memuaskan, tidak hanya dalam kondisi cukup cahaya maupun minim cahaya. Samsung juga membekali ponsel cerdas ini dengan berbagai mode menarik, seperti Panorama, HDR dan Night. Mode Night ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil foto yang lebih terang pada kondisi pencahayaan redup.

Samsung Galaxy A5 2016 Camera Indoor dengan Pencahayaan Standard

Samsung Galaxy A5 2016 Camera Indoor dengan Pencahayaan Standard

Hasil tidak berbeda juga didapati pada hasil kamera depan, yang dibekali dengan resolusi 5MP. Foto yang dihasilkan tergolong detil dengan warna dan ketajaman yang baik, meski pada kondisi pencahayaan redup, noise dapat terlihat pada hasil foto.

Samsung Galaxy A5 2016 Camera Indoor dengan Pencahayaan Redup

Samsung Galaxy A5 2016 Camera Indoor dengan Pencahayaan Redup

Serupa dengan kamera pada ponsel cerdas pada umumnya, Samsung juga membekali A5 dengan mode Beautify. Hanya saja, mode ini tidak lagi tersembunyi di dalam menu pengaturan atau mode. Anda dapat menemukan mode ini dijajaran pengaturan di bagian atas layar menu kamera, berisi pengaturan untuk mengatur tingkat kecerahan dan ketirusan wajah, serta besarnya mata.

Namun, kecerahan warna pada hasil foto akan tampil berbeda saat Anda melihatnya di layar perangkat mobile lain atau melalui komputer. Seperti perangkat lain pengguna panel layar serupa, dukungan panel AMOLED-nya menjadikan hasil foto tampil lebih cerah saat dilihat pada layar ponsel.

Performa & Baterai
Didukung prosesor Samsung Exynos 7580 @1.60GHz dengan delapan inti ARM Cortex-A53 dan GPU Mali T720MP, performa yang disuguhkan Galaxy A5 2016 tergolong baik. Tidak hanya saat memainkan game seperti Ashpalt 8: Airbone, ataupun berpindah dari menu satu ke lainnya dan menjelajahi menu galeri berisi banyak foto dan video.

Saat memainkan game Ashpalt 8: Airbone pun, mata Anda akan dimanjakan oleh suguhan tampilan gambar dengan detil dan ketajaman yang baik. Pengalaman penggunaan yang menyenangkan juga terasa pada saat melakukan browsing menggunakan peramban bawaan.

Samsung Galaxy A5 2016 Perbandingan Performa Baterai

Samsung Galaxy A5 2016 Perbandingan Performa Baterai

Pengalaman ini juga didukung oleh hasil uji benchmark via Mozilla Kraken yang memperoleh nilai 11.744,5ms. Sementara itu, pada pengujian menggunakan Google Octane, Galaxy A5 berhasil memperoleh nilai 3593.

Selain itu, saat menggunakan perangkat ini, Anda juga tidak akan terganggu oleh permasalahan seperti panas berlebihan, meski digunakan untuk memainkan game dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain responsifitas yang baik, tampilan layar yang cerah khas AMOLED turut mendukung pengalaman penggunaan yang menyenangkan.

Samsung Galaxy A5 2016 Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy A5 2016 Daya Tahan Baterai

Untuk urusan baterai, Samsung Galaxy A5 2016 ini mampu bertahan selama lebih dari 9 jam pada kondisi penggunaan aktif, dan selama lebih dari 11 jam pada kondisi penggunaan standar. Seperti perangkat lainnya, Samsung juga membekali A5 ini dengan kemampuan hemat daya.

Kesimpulan
Keindahan desain berkat penggunaan bahan yang membalut bodinya kembali dan daya tahan baterai yang panjang, menjadi daya tarik utama perangkat karya Samsung ini. Selain itu, dukungan fitur sensor sidik jari turut menambah rasa aman saat menggunakan perangkat ini.

Menambah rasa aman saat menggunakan perangkat, fitur sidik jari beberapa kali terasa lambat saat digunakan, serta harganya juga cukup tinggi.

Prosesor Samsung Exynos Octa 7580 1,5GHz
GPU : Mali-T720MP
RAM : 2GB
Sistem Operasi : Android 5.1.1 Lollipop + TouchWiz
Memori Internal : 16GB, micro SD hingga 128GB
Kamera Belakang : 13MP, Depan 5MP
Dimensi : 144,8 x 71 x 7,3 mm
Bobot : 155 gram
Harga : Rp.5.299.000

kw:

    gambar a5 2016, fakta tersembunyi samsung galaxy a5 2016, gambar dan spesifikasi samsung galaxy 2016, gambar detail A5 2016, pengaturan hasil gambar samsung a5 2016

Apa pendapat Sobat tentang artikel ini?

Komentar

No comment for Samsung Galaxy A5 2016 review, spesifikasi, gambar, dan harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Samsung Galaxy A5 2016 review, spesifikasi, gambar, dan harga

More Related Post

Obat Batuk Anak Secara Alami

Obat Batuk Anak Secara Alami

Posted at 18 June 2016

Artikel ini menjelaskan obat batuk anak secara alami yang banyak ditanyakan oleh orang tua, khususnya orang tua baru memiliki anak pertama. Bunda tidak perlu... Read More

Ilustrasi Kalimat Bismillahir rahmanir rahim (foto kaskus.co.id)

Inilah Nikmat Bismillah Dalam Bisnis

Posted at 15 June 2016

Bismillah selalu diucapkan saat mengawali Bisnis, InsyaAllah Sukses. Artikel ini CuitNews adalah rangkuman dari tausyiah pagi yang disampaikan oleh member groupsyariahsaham menjelang opening market saham... Read More

About Us

Cuitnews.com menyajikan informasi edukatif, unik, dan media portal yang fokus pada berita Nasional, Internasional, Teknologi, Entertainment, Ekonomi, dan lainnya.

Contact us: a[at]cuitnews.com

Social Media

twitterfacebookgplusyoutubeinstagram
bpjs kesehatan blog
find car insurance quotes