Unik

Inilah 11 Kelalaian Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Inilah 11 Kelalaian Orang Tua Dalam Mendidik Anak
Written by Rizaldi Gunawan

Pelajari 11 kelalaian orang tua dalam mendidik anak supaya kita sebagai orang tua tidak menyesal nanti di hari tua.

1. Jika anak berbohong, itu tandanya hukuman/tindakan kita terlalu keras untuk kesalahan/kesilapan anak.

2. Jika anak dengan sengaja mengganggu kita, itu tandanya kita tidak memberi cukup sentuhan kasih sayang kepada mereka.

3. Jika anak kurang percaya diri, itu tandanya kita lebih banyak memberi nasehat daripada kita memberi dorongan.

4. Jika kita telah memberi segala benda tetapi anak masih lagi mengambil barang2 yang bukan kepunyaan mereka, itu tandanya kita tidak memberi ruang untuk mereka memilih.

5. Jika anak bersikap cemburu, itu tandanya kita selalu membandingkan mereka dengan orang lain.

6. Jika anak menjari seorang yang penakut, itu tandanya kita terlalu cepat membantu disaat mereka menghadapi masalah. Biarkan anak menghadapi masalah dan menyelesaikannya sendiri.

7. Jika anak cepat marah, itu tandanya kita tidak cukup memuji dan menghargai apabila mereka berkelakuan baik. Mereka hanya selalu mendapat perhatian kita apabila mereka berkelakuan negatif.

8. Jika anak tidak menghormati orang lain, itu tandanya kita selalu memerintah mereka seperti boss dan tidak mementingkan perasaan mereka.

9. Jika anak menjadi seorang perahasia/pendiam, itu tandanya kita selalu membesarkan perkara yang menyentuk tentang diri mereka.

10. Jika anak bersikap biadab, itu tandanya kita juga bersikap biadab atau mereka belajar menjadi biadap pada orang yang tinggal disekeliling mereka.

Baca  5 Megaproyek Konstruksi Terlama di Dunia

11. Jika anak tidak berani mempertahankan diri, itu tandanya kita selalu menegur/menghukum di hadapan orang lain sejak mereka kecil. Orang tua sewajarnya tidak memberi teguran atau hukuman di hadapan kawan2. Teguran dan hukuman hendaklan dibuat secara personal.

Semoga artikel kelalaian orang tua dalam mendidik anak ini dapat mengingatka kita agar dapat memberikan yang terbaik kepada para buah hati kita dan kelak bisa tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalehah sesuai harapan dambaan orang tua. Aamin!

About the author

Rizaldi Gunawan