featured Internet Gratis

Top 7 Software Untuk Mengakses Internet Gratis Terbaik

Top 7 Software Untuk Mengakses Internet Gratis Terbaik
Written by Samsul Kahar

Kami mengucapkan terima kasih kepada para Sobat CuitNews yang telah mengirimkan beberapa masukan dan permintaan tentang software untuk mengakses internet gratis terbaik melalui halaman contact dan ada juga yang bertanya langsung melalui email, untuk menjawab pertanyaan pengunjung tersebut maka inilah top 7 aplikasi browser gratis yang digunakan untuk mengakses internet atau sering juga disebut dengan web browser.

Software untuk mengakses internet yang kami tulis dalam artikel ini dapat digunakan pada desktop dan smartphone yang menggunakan operating system Microsoft Windows, Linux berbagai distro, MacOS, Android, iOS, dan BlackBerry. Peranan web browser sangat penting dan harus dimiliki jika Sobat mau mengakses suatu informasi di internet, sebagai contoh jika Sobat mau mencari suatu informasi “web hosting murah indonesia” melalui Google Search engine, maka sobat cukup membuka URL google.com kemudian ketik kata kunci yang Sobat inginkan, namun jika Sobat sudah tau URL yang mau diakses, Sobat cukup buka web browser kemudian ketik alamat URL nya, misalnya “e-padi.com”.

Hingga saat ini, ada 7 software browser yang populer digunakan pada perangkat desktop dan mobile berdasarkan statistik StatCounter November 2017.

  1. Google Chrome
  2. Safari
  3. UC Browser
  4. Mozilla Firefox
  5. Internet Explorer
  6. Opera Browser
  7. Samsung Internet
StatCounter.com: Browser Market Share Worldwide, November 2017

StatCounter.com: Browser Market Share Worldwide, November 2017

Statistik penggunaan browser hingga November 2017 menurut StatCounter untuk pengguna komputer desktop:
Google Chrome = 55%
Safari = 14.76%
UC Browser = 7.99%
Mozilla Firefox = 6.1%
Internet Explorer = 3.88%
Opera Browser = 3.8%
Samsung Internet = 2.97%
Edge (Internet Explorer) = 2.06%
Android Browser = 1.77%
Others = 1.68%

Statistik pengguna browser hingga November 2017 menurut StatCounter untuk pengguna Smartphone / Mobile:
Google Chrome = 49.58%
Safari = 18.76%
UC Browser = 15.19%
Samsung Internet = 5.94%
Opera = 5.54%
Android Browser = 2.59%
Mozilla Firefox = 0.68%
Internet Explorer Mobile = 0.49%
QQ Browser = 0.29%
Others = 0.94%

Dilihat dari statistik pengguna software untuk mengakses internet yang populer saat ini maka, Google Chrome adalah aplikasi browser paling banyak digunakan oleh pengguna perangkat komputer desktop dan smartphone / mobile / ponsel.

1. Google Chrome

Google chrome browser

Google Chrome Logo

Google Chrome adalah software web browser gratis yang dibangun oleh Google. Google Chrome versi perdana released pada tanggal 2 September 2008, pada awalnya dibangun untuk sistem operasi Microsoft Windows, dan kemudian pada bulan Desember 2008 dikembangkan untuk Operating system Linux, macOS, iOS dan Android.
Sejauh pengalaman saya dalam menggunakan Google Chrome, aplikasi ini sangat ringan digunakan dan tidak membutuhkan memory komputer yang besar untuk dapat menjalankannya, namun kekurangannya adalah pada saat melakukan instalasi awal, kita harus download installer yang ukuran filenya tidak sampai 1Mb, tapi kemudian pada saat kita melakukan installasi, installer yang kita download tadi akan melakukan koneksi ke internet untuk mendownload langsung software google chrome dari server Google. Hal ini akan memakan waktu yang cukup lama apalagi disaat koneksi internet tidak stabil.

Operating System Supported: Microsoft Windows, Linux, MacOS, Android, dan iOS

2. Safari

Safari Browser Logo

Safari Browser Logo

Safari adalah sebuah web browser buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan untuk pengguna sistem operasi MacOS dan iOS. Safari merupakan web browser bawaan di sistem operasi Mac OS sejak Mac OS X v10.3.
Safari merupakan aplikasi browser yang menggunakan Webkit Apple untuk mengaplikasikan halaman dan memproses JavaScript. Pada 9 Januari 2007, Apple Inc. secara formal mengumumkan bahwa iPhone Apple menggunakan browser Safari yang menggunakan fitur mesin JavaScript (Nitro).

Kelebihan Browser Safari

  • Memiliki fitur Nitro Engine untuk mengolah aplikasi berbasis web lebih cepat
  • Memiliki desain UI yang cukup menarik
  • Bagi penggunan Sistem Operasi Mac OS dan iOS, tidak perlu melakukan instalasi
  • Bisa digunakan pada sistem operasi berbasis Windows
  • Memiliki fitur Cover Flow (untuk memperindah tampilan bookmark dan history)
  • Mendukung format HTML 5, yaitu format terbaru dari sebuah web
  • Support untuk smartphone / mobile, baik untuk sistem operasi iOS atau Android

Operating System Supported: Microsoft Windows, MacOS, Android, dan iOS

3. UC Browser

UC Browser Logo

UC Browser Logo

UC Browser sebelumnya bernama UC Mobile adalah browser mobile yang dibuat oleh UCWeb di Beijing pada bulan April 2004. Release awalnya menggunakan format aplikasi Java. UC Browser dikembangkan oleh tim UC mobile LTD yang di pimpin oleh Yu Yongfu yang sekaligus menempati posisi CEO UCWeb.

 

Beberapa Jenis UC Browser

  • UC Browser Mini
  • UC Browser HD
  • UC Browser Could
  • UC Browser Handler

Keunggulan UC Browser

  • Akses Facebook lebih cepat karena mendukung Facebook dalam tampilan Simple
  • UC Browser memudahkan anda untuk screenshot
  • UC Browser sangat cocok untuk anda yang hobi download maupun upload, lebih cepat dan hemat waktu. Jika mendownload gagal maka akan otomatis UC Browser melanjutkan pengunduhan gagal tersebut
  • Dengan UC Browser anda tidak perlu ribet mendownload aplikasi Youtube, karena dengan UC
  • Browser anda dapat membuka Youtube dengan lancar
  • UC Browser software untuk mengakses internet yang mendukung teknologi CDN, sehingga mempercepat koneksi dari perangkat pengguna ke server target

Operating System Supported: Symbian, Android, iOS, Windows Mobile, Win CE, Java, MTK, dan Blackberry.

4. Mozilla firefox

Mozilla Firefox Browser Logo

Mozilla Firefox Browser Logo

Firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine oleh Mozilla corporation. Tidak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Firefox merupakan Browser peringkat ketiga saat ini setelah Safari browser.

Baca  Hati-Hati, Hapus Data Pribadi Sebelum Jual Smartphone

Browser ini memiliki keunggulan dalam hal tampilannya yang cukup sederhana, ringan loading, dan open source. Sehingga banyak orang yang jatuh hati dan menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser di komputernya. Keunggulan menarik yang dimiliki oleh browser Firefox adalah adanya tab dalam satu jendela yang sama, hal ini lebih memudahkan untuk mengakses ke banyak situs dalam satu tampilan tanpa harus berpindah-pindah jendela browser sehingga lebih menghemat waktu dan memory computer selama mengakses internet. Memiliki supported dan keamanan yang cukup terjamin, produk yang diakuisisi oleh Google ini semakin menggeser keberadaan Internet Explorer sebagai browser dengan pengguna terbesar.

Operating System Supported: Microsoft Windows, Linux, MacOS, Android, dan iOS

5. Internet Explorer

Internet Explorer Browser Logo

Internet Explorer Browser Logo

Internet Explorer adalah web browser bawaan dalam operating sistem Microsoft yang pertama kali dibuat oleh Thomas Reardon menggunakan source code Spyglass, Inc. Mosaic pada tahun 1994. Versi pertama dari Internet Explorer dirilis pada 16 Agustus 1995.

Kekurangan yang umum dialami oleh pengguna IE adalah lambat saat start di awal dan Internet Explorer membutuhkan sumberdaya atau resource komputer yang besar. Hal ini menyebabkan Internet Explorer seringkali mengalami “Not Responding” dan lambat dalam melakukan browsing. Hal ini menyebabkan IE kehilangan pangsa pasar sejak munculnya beragam web browser berbasis open source.

Keunggulan Internet Explorer

  • Tidak perlu mendownload, otomatis terinstall bagi user ber-OS Windows
  • Memiliki banyak fitur yang membantu meningkatkan kenyamanan dalam melakukan browsing
  • Tambahan add ons cukup banyak dan dukungan update add ons yang baik
  • Fitur bookmark pada Internet Explorer langsung terhubung ke dalam windows live
  • Tersedia dalam versi mobile

Operating System Supported: Microsoft Windows

6. Opera Browser

Opera Browser Logo

Opera Browser Logo

Opera adalah web browser multi-platform dibuat oleh Telenor sebagai proyek penelitian yang kemudian Telenor berubah nama menjadi Opera Software ASA, sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Oslo, Norwegia pada tahun 1995 menggunakan bahasa pemograman C++. Pengguna Opera browser terbanyak adalah pada perangkat mobile / smartphone. Opera Browser salah satu browser pertama yang menggunakan teknologi Cascading Style Sheets (CSS) dan mendukung banyak standar web, seperti CSS 2.1, HTML 4.01, XHTML 1.1, XHTML Basic, XHTML Mobile Profile, Voice XHTML, WML 2.0, XSLT, XPath, XSL-FO, ECMAScript 3 (JavaScript), DOM 2, XMLHttpRequest, HTTP 1.1, TLS 1.2,[50] Unicode, SVG 1.1 Basic, SVG Tiny 1.1, GIF89a, JPEG, PNG, dan Alpha transparent.

Opera browser dilengkapi dengan fitur unggulan seperti tabbed browsing, Speed Dial, pemblokiran iklan, perlindungan penipuan, download manager, klien BitTorrent, bar pencarian, dan web feed aggregator.

Beberapa Opera Browser

  • Opera Mobile
  • Nintendo DS
  • Opera AC (Opera Portable)

Tahukah Sobat bahwa negara Indonesia adalah pengguna Opera Mini dengan jumlah terbanyak di dunia. Oleh karena itu di Indonesia terdapat komunitas My Opera Indonesia yang dibentuk oleh komunitas blogger pengguna Opera Mini di Indonesia.

Keunggulan Opera Browser

  • Resource memory yang kecil, sehingga ringan dan lebih cepat saat melakukan startup
  • Memiliki opsi untuk menggunakan bahasa Indonesia, dengan kosa kata yang cukup baik
  • Memiliki fitur keamanan yang lengkap
  • Terintegrasi dengan RSS Reader
  • Terintegrasi dengan server dan situs Bit Torrent
  • Proses pemblokiran dari sebuah situs lebih mudah dan juga praktis
  • Memiliki fitur anti fraud protection
  • Terdapat fitur restore session

Operating System Supported: Microsoft Windows, Mac OS X, iOS, Solaris, BlackBerry, Java ME, Maemo, FreeBSD dan Linux.

7. Samsung Internet

Samsung Internet Logo

Samsung Internet Logo

Samsung Internet for Android adalah web browser untuk smartphones dan phablets dikembangkan oleh Samsung berbasis open source Chromium project. Mulai tahun 2012 Samsung Internet browser sudah tersedia pada perangkat Samsung Galaxy Android.

Meskipun menduduki peringkat 7 berdasarkan statistik StatCounter, namun tidak banyak referensi yang menjelaskan tentang Samsung Internet browser karena browser ini hanya umumnya hanya digunakan pada perangkat Android buatan Samsung. Perkembangan penggunaan browser samsung internet sangat bergantung pada pertumbuhan pengguna perangkat Samsung. Contoh perangkat samsung yang sudah menggunakan aplikasi Samsung Internet Browser adalah Samsung Galaxy A5 2016.

Operating System Supported: Android

Demikian software untuk mengakses internet gratis yang dapat Sobat gunakan untuk berselancar di internet berdasarkan device yang Sobat gunakan, semua dapat di download gratis untuk dekstop atau smartphone Sobat.

kw:

    Kata kunci browser yg dapat mengakses internet scara gratis

About the author

Samsul Kahar