Menu

Mode Gelap
LGBT : Sebuah Sekte Sex Baru Melalui Gerakan Penularan Sedunia 26+ Contoh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Paling Cepat Adalah Unik 25+ Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Brainly Paling Mudah 30+ Mind Map Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Paling Mudah Info Seputar Teknologi Informasi Komunikasi Dan Transportasi Paling Baru

Fakta Unik · 29 Jul 2022 03:19 WIB ·

15 fakta unik tentang uang


 15 fakta unik tentang uang Perbesar

CuitNews kami ini akan sharing informasi unik tentang 15 fakta unik tentang uang yang bermanfaat untuk di ketahui. Setiap uang di dicetak dengan nominal tertentu dan memiliki keunikan tersendiri. Tidak hanya di Indonesia, di Negara-negara lainpun cetakan uang memiliki keunikan masing-masing.

15 Fakta Unik Tentang Uang

15 fakta unik tentang uang

Sumber foto: pixabay.com

Setelah seharian berselancar di internet, akhirnya CuitNews telah berhasil mengumpulkan 11 fakta unik tentang uang khusus buat Sobat setia CuitNews. Artikel ini berisi informasi unik tentang uang, sejarah, penggunaan uang, tokoh-tokoh yang ada dalam uang, dan alasan mengapa uang tersebut di terbitkan.

Mengapa Mata Uang Indonesia Disebut Rupiah?

Istilah “Rupiah” berasal dari kata “Rupee”, satuan mata uang India. Sejak tahun 1610 hingga 1817, Indonesia telah menggunakan mata uang Gulden Belanda. Setelah tahun 1817, Indonesia dikenalkan mata uang Gulden Hindia Belanda.

Ketika Jepang menduduki Indonesia pada masa Perang Dunia II, nama mata uang Gulden Hindia Belanda diganti secara resmi menjadi rupiah Hindia Belanda. Kemudian, ketika perang berakhir, Bank Jawa (Javaans Bank, yang kemudian berubah menjadi Bank Indonesia) memperkenalkan mata uang rupiah Jawa sebagai pengganti rupiah Hindia Belanda.

Empat tahun setelah merdeka, tepatnya 2 November 1949, Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang kebangsaan yang baru, yang tetap digunakan hingga sekarang.

Tahukan Sobat bahwa pada tahun 1964, Kepulauan Riau mencoba membuat variasi rupiah mereka sendiri (Rupiah Riau), begitu pula dengan Irian Barat yang melakukan hal sama pada tahun 1974. Namun, penggunaan rupiah mereka kemudian dibubarkan pemerintah.

Uang atau kehidupan

Uang kertas pertama kali dicetak di China selama abad ke-10. Tapi itu tak bertahan lama setelah Genghis Khan mengalahkan negara tersebut.

Baca  47+ Fakta Unik Tentang Kucing Latest

Dari kerajaan besar tersebut, dia merebut emas dan perak dan memberikan uang kertas sebagai gantinya. Dia juga menolak uang yang disebut sebagai tindak pelanggaran.

Kepala atau ekor?

Dulu waktu masih SD, kita pernah belajar tentang uang dengan sistem barter, nah sebelum uang dikenal oleh masyarakat luas, orang-orang biasa melakukan transaksi jual beli lewat pertukaran barang (sistem barter).

Di Nauru, benua Pasifik, warganya menghargai satu hal dibanding uang, yaitu tikus dan tupai. Sebab itu muncul istilah kepala atau ekor.

Warga pra modern bergantung pada perdagangan komoditas seperti suku Aztec yang menggunakan biji kopi, warga Norwegia yang menggunakan mentega, Paraguay yang menghargai siput dan para tentara Roman yang dibayar dengan garam.

Maaf kami belum mendapat referensi tentang apakah Indonesia ada melakukan system barter atau tidak, dan apa barang yang biasa dipakai untuk barter.

Gambar tokoh di uang kertas

Tokoh-tokoh bersejarah di Inggris telah lama mengisi gambar pecahan uang sejak 1970 dan Bank Sentral Inggris menyambut baik berbagai gagasan tentang siapa yang patut dihormati dan berada di uang kertasnya.

Beberapa saran yang diberikan masyarakat termasuk Agatha Christie, bahkan the Beatles.

Uang Monopoli

Ternyata pencetakan uang tunai untuk permainan monopoli setiap tahun lebih banyak dibandingkan dengan uang tunai yang dicetak di Amerika Serikat (AS).

Sebanyak US$ 30 miliar uang monopoli dicetak di AS setiap tahun. Sementara uang tunai yang dicetak di Bureau of Engraving and Printing AS hanya berjumlah US$ 11 miliar.

Ekor babi

Dalam bahasa Inggris kuno kata “pygg” adalah sebutan untuk jenis tanah liat yang digunakan orang untuk menyajikan hidangan atau sebagai kendi tempat menyimpan uang.

Baca  30 Cara Membuat Cewek Nyaman Dan Makin Sayang Pasangan

Seiring berkembangnya bahasa, saat ini kata “pygg” terdengar seperti pig (babi). Hal itulah yang menyebabkan celengan-celengan di Inggris kebanyakan berbentuk babi.

18 juta poundsterling uang rusak setiap tahun

Mutilated Note Service dari Bank Sentral Inggris mengganti uang yang bernoda, sobek atau rusak. Setidaknya setengah dari uang kertas yang dikeluarkan bank rusak.

Terdapat sekitar 30 ribu pengajuan uang rusak bernilai 18 juta poundsterling setiap tahunnya. Uang tersebut rusak karena tertinggal di mesin cuci, digigit hewan peliharaan, terbakar di oven dan hilang begitu saja.

Tepian gerigi pada uang koin

Tahukah, mengapa koin memiliki pola bergerigi di sekitar putarannya?. Uang logam biasanya dibuat dari logam mulia dan para pencuri biasanya mencuri dan memotong tepian logamnya.

Jadi pemerintah mencoba mengatasinya dengan mengubah pola uang koinnya. Hal ini juga dapat mempersulit tindakan pemalsuan uang.

Alasan uang dolar AS berwarna hijau

Terdapat tiga alasan kenapa mata uang dolar Amerika Serikat (AS) berwarna hijau. Yang pertama, jumlah tinta warna hijau tersedia dalam jumlah besar saat akan mencetak uang.

Kedua warna hijau tahan akan perubahan kimiawi. Yang ketiga, secara psikologis, warna hijau bisa diidentifikasi dengan kredit pemerintah As yang kuat dan stabil.

Uang kertas bergambar sang Ratu

Potret Ratu Elizabeth II muncul di mata uang 33 negara lebih dari gambar tokoh manapun.

Kanada merupakan negara pertama yang menggunakan gambarnya di pecahan uang kertas bernilai CAD$20 pada 1935. Saat itu dia masih menjadi puteri berusia 9 tahun.

Dalam beberapa tahun, sebanyak 26 potret Ratu Elizabeth II telah digunakan di Inggris, di negara jajahannya, dan di sejumlah wilayah kekuasaanya.

Baca  41+ Fakta Unik Kucing Kampung Latest

Dolar dan simbolnya

Tanda $ untuk mata uang AS dikatakan berasal dari Ps Spanyol, singkatan dari peso. Guna menyingkatnya lebih pendek, maka S ditambah dengan P. Maka hasilnya muncul rumus P+S = $

Simbol ini telah banyak digunakan, hingga akhirnya terdapat pada uang dolar pertama pada 1875, lambang tersebut tak ada dalam uang kertas AS.

Bentuk terbesar yang terbaik

Uang kertas terbesar yang pernah dicetak Bank Sentral Inggris merupakan nominal 1 juta poundsterling pada 1948. Pencetakan uang terbesar ini guna membantu Eropa pasca Perang Dunia II.

Uang ini hanya bisa digunakan pemerintah AS dan dibatalkan setelah beberapa bulan pencetakannya.

Meski sudah ditarik dari peredaran, tak berarti uang tersebut tak berharga. Pada 2008, satu dari dua uang yang masih ada dilelang dan terjual senilai 78 ribu poundsterling.

Kulit Tupai

Kulit tupai merupakan uang yang sah digunakan di Rusia. Bahkan beberapa bagian dari tupai mati seperti kuping, hidung, dan kuku-kukunya berfungsi sebagai “receh”.

Koin Perak plus Air suci

Di Negara Palau pada tahun 2007, mereka mencetak koin perak dengan gambar perawan suci dan menyertakan bonus botol kecil berisi beberapa tetes air suci dari sebuah mata air suci di Lourdes Perancis.

Uang pecahan terbesar di dunia

Tahun 1946 Negara Hungaria pernah mencetak uang kertas dengan nominal 100,000,000,000,000,000,000 Pengo (Seratus juta triliun Pengo), namun jika di tukar dengan kurs USD saat itu, uang tersebut hanya bernilai sekitar US$0.20 (20 cent).

Demikian beberapa informasi unik tentang 15 fakta unik tentang uang yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Bagaimana komentar kamu tentang informasi diatas?
Share ke Social Media
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

These Jarang Diketahui Fakta Unik Dunia Most Simple

14 December 2022 - 23:57 WIB

This Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Most Simple

1 December 2022 - 01:20 WIB

This Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Most Simple

23+ Fakta Unik Negara Di Dunia Top Best

18 November 2022 - 00:55 WIB

30+ Iphone 11 Purple Latest

3 November 2022 - 02:32 WIB

45+ Fakta Unik Tentang Gig Latest

19 October 2022 - 06:10 WIB

16+ Infinix Hot 10 Most Simple

17 October 2022 - 05:45 WIB

Trending di Fakta Unik