Menu

Mode Gelap
LGBT : Sebuah Sekte Sex Baru Melalui Gerakan Penularan Sedunia 26+ Contoh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Paling Cepat Adalah Unik 25+ Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Brainly Paling Mudah 30+ Mind Map Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Paling Mudah Info Seputar Teknologi Informasi Komunikasi Dan Transportasi Paling Baru

Kesehatan · 12 Nov 2022 22:33 WIB ·

Metode Ideal Mengatasi Telinga Berdarah Dan Rasa Nyeri


 Metode Ideal Mengatasi Telinga Berdarah Dan Rasa Nyeri Perbesar

Telinga menjadi salah satu bagian tubuh dan indra yang cukup sensitif. Bila terjadi gangguan sedikit saja maka fungsi pendengaran akan berubah, berikut ini beberapa metode ideal mengatasi telinga berdarah. Ini yang membuat perlindungan dari bagian telinga harus dilakukan. Namun, sering terjadi kondisi telinga yang berdarah atau luka. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi hingga cedera atau luka di telinga.

Selain itu, bagian telinga yang berdarah juga bisa disebabkan oleh saluran telinga rusak atau gendang telinga robek. Biasanya ini terjadi akibat pukulan, tertusuk benda tajam, terpapar suara sangat keras hingga cedera kepala yang sangat serius.

Cara mengatasi telinga berdarah sesuai sebab

Biasanya, telinga yang berdarah akan menimbulkan gejala berupa nyeri, terjadi perdarahan bahkan sampai kemampuan mendengar yang terus berkurang. Kondisi luka ringan pada telinga memang ditunjukkan pada pendarahan. Hal ini bisa saja sembuh sendiri dengan waktu cukup lama. Namun, apapun cedera maupun luka pada telinga tetap membutuhkan perawatan serius. Ada beberapa cara memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami telinga berdarah sesuai penyebabnya, seperti penjelasan dibawah ini.

cara mengatasi telinga berdarah - cuitnews

Ilustrasi perawatan kuping (sumber pexels.com)

Telinga terluka hingga pendarahan

Kondisi seperti ini memang bisa dilakukan dengan cara sederhana. Hal paling penting tentu saja mencegah keluarnya darah secara berlebihan. Penanganan yang bisa dilakukan dengan menekan bagian telinga yang berdarah sampai perdarahan berhenti.

Baca  5 Kesalahan Berbahaya Saat Sarapan

Tutup bagian telinga yang berdarah menggunakan kain kasa steril atau kapas lembut lalu rekatkan dengan plester. Jangan merekatkan kasa dan plester terlalu kencang agar tidak mengganggu aliran darah.

Selanjutnya, lakukan kompres bagian yang terluka dengan es batu yang dibungkus kain untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Metode ini hanya berlaku sementara dan segera ke rumah sakit atau klinik terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kondisi serangga masuk ke telinga

Seringkali serangga masuk ke bagian telinga. Cara mengatasi dan mengeluarkan serangga itu juga membutuhkan perhatian khusus. Ini dilakukan agar pendarahan tidak berlebihan.

Metode pertama yang dilakukan adalah jangan mencungkil serangga dengan jari karena dapat membuat serangga menyengat liang telinga dan membuat telinga semakin terluka atau berdarah.
Coba baringkat tubuh dan kepala. Selanjutnya, miringkan kepala sehingga lubang telinga yang kemasukan serangga menghadap ke atas.

Bila serangga belum keluar maka coba lakukan langkah sederhana seperti menuang sedikit minyak zaitun atau baby oil ke dalam saluran telinga, ini karena minyak zaitun terbukti dapat mengobati infeksi telinga, lakukan agar serangga tidak bisa bernapas atau mengapung di dalam minyak.

Tarik bagian daun telinga perlahan-lahan ke belakang dan ke atas untuk memerangkap serangga ke dalam minyak. Tunggu beberapa saat. Metode ini hanya sementara dan sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan telinga ke dokter karena bagian tubuh serangga mungkin saja tertinggal.

Baca  4 Penyebab Gusi Berdarah dan Metode Pencegahan

Kondisi kuping kemasukan benda asing

Pada saat tidur, bisa saja tanpa sengaja telinga kemasukan benda asing. Ini juga membutuhkan perhatian serius agar tidak terjadi luka hingga pendarahan. Penanganan yang dilakukan dianggap sangat sederhana. Mulailah dengan bersikap tenang.

Bila benda yang masuk dapat terlihat dari luar maka cobalah gunakan tangan atau pinset untuk mengambilnya secara perlahan. Metode ini membutuhkan bantuan orang lain. Hindari melakukan gerakan yang berlebihan pada kepala dengan harapan dapat mengeluarkan benda asing tersebut.

Segera bawa ke dokter THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan) untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut dan terhindar cedera serius yang bisa mengakibatkan luka atau pendarahan terlalu berlebihan.

Artikel mengatasi telinga berdarah ini dibuat sebagai pengetahuan umum saja, untuk analisa medis yang lebih akurat dan penanganan medis, silahkan konsultasi dengan tenaga ahli kesehatan atau kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan dari tenaga medis yang professional.

Bagaimana komentar kamu tentang informasi diatas?
Share ke Social Media
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyebab Sariawan di Bibir yang Harus Diwaspadai

17 November 2022 - 11:58 WIB

4 Penyebab Gusi Berdarah dan Metode Pencegahan

16 November 2022 - 09:40 WIB

Penyebab gusi berdarah - cuitnews

4 Penyebab Gusi Bengkak Sakit Dan Cara Mengurangi Nyeri

15 November 2022 - 17:29 WIB

Penyebab Gusi Bengkak - Cuitnews

5 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi Paling Baik

14 November 2022 - 13:10 WIB

Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi - Cuitnews

Ragam 4 Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Negara Tropis

13 November 2022 - 11:58 WIB

Penyakit kulit pada kaki - Cuitnews

Metode Paling Ideal Menurunkan Tekanan Darah

12 November 2022 - 22:48 WIB

Menurunkan Tekanan Darah - Cuitnews
Trending di Kesehatan