Hit enter after type your search item

Inilah 11 Kelalaian Orang Tua Dalam Mendidik Anak

/
/
/
32 Views

Anak butuh kasih sayang dan perhatian dari orang tua, namun mereka masih belum cukup pengetahuan untuk dapat mengungkapkannya kepada orang tua, oleh karena itu kadang sebagian anak bersikap diluar kebiasaan hanya untuk mendapat perhatian dari orang tuanya.

Melalui posting ini Cuitnews akan share informasi 11 kelalaian orang tua dalam mendidik anak supaya para orang tua dapat menyadari tingkah laku akan secara dini supaya menyesal nanti di hari tua.

11 Kelalaian Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Sebagai orang tua, kita dituntut lebih perhatian dan menyalurkan kasih sayang kepada anak secara benar sesuai dengan perkembangan usia psikologis anak, salah menerapkan pola asuh anak dapat menyebabkan kegagalan orang tua jangka panjang, bahkan sebagian dapat berimbas pada perilaku anak pada orang tua dimasa tuanya.

Anak Berbohong

Jika anak berbohong, itu tandanya hukuman/tindakan kita terlalu keras untuk kesalahan/kesilapan anak.

Anak Mengganggu

Jika anak dengan sengaja mengganggu kita, itu tandanya kita tidak memberi cukup sentuhan kasih sayang kepada mereka.

Anak kurang percaya diri

Jika anak kurang percaya diri, itu tandanya kita lebih banyak memberi nasehat daripada kita memberi dorongan.

Beri Kesempatan anak memilih

Jika kita telah memberi segala benda tetapi anak masih lagi mengambil barang2 yang bukan kepunyaan mereka, itu tandanya kita tidak memberi ruang untuk mereka memilih.

Baca  7 Kisah Manusia Bertanduk di Dunia

Anak cemburu

Seorang anak akan bersikap cemburu, itu tandanya kita selalu membandingkan mereka dengan orang lain.

Anak penakut

Jika anak menjari seorang yang penakut, itu tandanya kita terlalu cepat membantu disaat mereka menghadapi masalah. Biarkan anak menghadapi masalah dan menyelesaikannya sendiri.

Anak cepat marah

Jika anak cepat marah, itu tandanya kita tidak cukup memuji dan menghargai apabila mereka berkelakuan baik. Mereka hanya selalu mendapat perhatian kita apabila mereka berkelakuan negatif.

Tidak menghomati orang lain

Jika anak tidak menghormati orang lain, itu tandanya kita selalu memerintah mereka seperti boss dan tidak mementingkan perasaan mereka.

Anak menyimpan rahasia

Jika anak menjadi seorang perahasia/pendiam, itu tandanya kita selalu membesarkan perkara yang menyentuk tentang diri mereka.

Anak biadab

Jika anak bersikap biadab, itu tandanya kita juga bersikap biadab atau mereka belajar menjadi biadap pada orang yang tinggal disekeliling mereka.

Anak takut membela diri

Jika anak tidak berani mempertahankan diri, itu tandanya kita selalu menegur/menghukum di hadapan orang lain sejak mereka kecil. Orang tua sewajarnya tidak memberi teguran atau hukuman di hadapan kawan2. Teguran dan hukuman hendaklan dibuat secara personal.

Semoga artikel kelalaian orang tua dalam mendidik anak ini dapat mengingatka kita agar dapat memberikan yang terbaik kepada para buah hati kita dan kelak bisa tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalehah sesuai harapan dambaan orang tua. Aamin!

Share this on Social Media
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar