Menu

Mode Gelap
LGBT : Sebuah Sekte Sex Baru Melalui Gerakan Penularan Sedunia 26+ Contoh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Paling Cepat Adalah Unik 25+ Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Brainly Paling Mudah 30+ Mind Map Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Paling Mudah Info Seputar Teknologi Informasi Komunikasi Dan Transportasi Paling Baru

Fakta Unik · 29 Jun 2022 15:59 WIB ·

5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam


 5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam Perbesar

Pemanasan Global yang menyebabkan naiknya permukaan air laut, penurunan tanah (land subsidence) akibat penyedotan sumber air tanah yang berlebihan menjadi ancaman serius terhadap beberapa kota besar di dunia, bahkan salah satu kota yang terancam akan tenggelam berada di Indonesia. Simak selengkapnya tentang 5 Kota Besar di Dunia Terancam Tenggelam berikut ini.

Bangkok

1. Bangkok, Thailand
Pada tahun 2100, Bangkok diprediksi akan menjadi Atlantis kedua. Ibukota Thailand tersebut tenggelam disebabkan beberapa faktor, antara lain perubahan iklim karena efek rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah.Prediksi tersebut dikemukakan oleh kepala Pusat Peringatan Bencana Nasional Thailand Smith Dharmasaroja.

Oleh sejumlah pihak, prediksi Smith ditanggapi serius. Sebelumnya dia sudah meramalkan adanya Tsunami di sekitar Samudera Hindia pada tahun 2004.

Selain itu, letak kota yang berada 1,5 meter di bawah permukaan laut menyebabkan Bangkok selalu mengalami banjir setiap tahun.

Ho Chi Minh City

2. Ho Chi Minh City, China
Salah satu kota di Asia Tenggara yang terancam tenggelam adalah Ho Chi Minh City. Setiap tahun, ketinggian banjir meninggi setinggi 2 sentimeter.

3. Shanghai, China
Struktur tanah yang semula daerah rawa yang kemudian dipenuhi oleh bangunan pencakar langit, menyebabkan permukaan tanah Shanghai menurun setengah inchi setiap tahunnya.

Kebutuhan akan bangunan pencakar langit tersebut meupakan imbas dari melonjaknya populasi penduduk Shanghai. Pada tahun 2001, penduduk kota yang berada di muara Sungai Yangze ini berjumlah 20 juta orang.

Baca  23+ Iphone Xr Spesifikasi Very Easy

4. Mumbai, India
Pada tahun 2008, Kelompok aktivis Greenpeace memperkirakan, pada tahun 2100, kota Mumbai akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut hingga 5 meter disebabkan oleh mencairnya es kutub.

Dalam laporan yang berjudul ‘Iklim Migran di Asia Selatan’ Greenpeace mencairnya es kutub disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi hingga 4-5 derajat karena pemanasan global.

Jakarta, Indonesia

5. Jakarta, Indonesia
Selain letak geografis yang berada di bawah permukaan air laut, kebutuhan akan air tanah yang tinggi ditengarai menjadi salah satu penyebab tenggelamnya daratan Jakarta. Populasi penduduk yang terus meningkat menjadi alasan utama kebutuhan akan air tanah.

Dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, diperkirakan jumlah penduduk di Ibukota meningkat hingga 40 juta jiwa.Pakar hidrologi asal Belanda, JanJaap Brinkman menjelaskan, jika proses penyedotan air yang terus-menerus dilakukan tidak segera dihentikan, di akhir abad, Jakarta akan tenggelam.

“Jika ekstraksi (penyedotan) air tanah tidak segera dihentikan, di penghujung abad, Jakarta akan tenggelam dengan kedalaman lima hingga enam meter,” jelasnya seperti dikutip theatlanticcities.com.

Mari bersama kita menjaga bumi ini agar bisa menjadi warisan bagi generasi penerus bangsa kita.
Hentikan pembalakan liar!
Hentikan pemanasan global!
Hemat energi!

Bagaimana komentar kamu tentang informasi diatas?
Share ke Social Media
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

These Jarang Diketahui Fakta Unik Dunia Most Simple

14 December 2022 - 23:57 WIB

This Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Most Simple

1 December 2022 - 01:20 WIB

This Fakta Unik Indonesia Dimata Dunia Most Simple

23+ Fakta Unik Negara Di Dunia Top Best

18 November 2022 - 00:55 WIB

30+ Iphone 11 Purple Latest

3 November 2022 - 02:32 WIB

45+ Fakta Unik Tentang Gig Latest

19 October 2022 - 06:10 WIB

16+ Infinix Hot 10 Most Simple

17 October 2022 - 05:45 WIB

Trending di Fakta Unik