Menu

Mode Gelap
LGBT : Sebuah Sekte Sex Baru Melalui Gerakan Penularan Sedunia 26+ Contoh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Paling Cepat Adalah Unik 25+ Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Brainly Paling Mudah 30+ Mind Map Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Paling Mudah Info Seputar Teknologi Informasi Komunikasi Dan Transportasi Paling Baru

Kesehatan · 27 Feb 2022 14:12 WIB ·

6 Alasan Tes Darah itu Penting


 6 Alasan Tes Darah itu Penting Perbesar

Masih banyak anggapan, bahwa fungsi tes darah bukan hanya untuk mengetahui golongan darah. Karenanya cukup sekali, dan biasanya untuk keperluan mengurus kartu identitas saja. Padahal tes darah reguler juga penting dilakukan untuk memantau kesehatan tubuh.

Alasan Tes Darah itu Penting

Jadi bukan sekadar sebagai penguji kolesterol, asam urat, atau diabetes. Pasalnya, ada penyakit tertentu yang tidak menimbulkan gejala, tapi dapat dideteksi melalui tes darah. Berikut 6 alasan pentingnya tes darah.

Alasan Pentingnya Tes Darah

Berikut ini penjelasan lengkap mengapa tes darah itu sangat penting bagi tubuh kita.

Menghitung total darah

Jumlah total darah akan memberitahu semua statistik vital tubuh. Misalnya, jumlah hemoglobin untuk mengetahui apakah Anda menderita anemia atau tidak, jumlah trombosit untuk mengetahui pembekuan darah dan sel darah putih untuk mengetahui infeksi dalam tubuh.2.

Infeksi

Jika Anda memiliki infeksi, hepatitis atau sifilis, sebaiknya Anda menjalankan tes darah reguler. Hal ini dikarenakan penyakit tersebut bukanlah bawaan dari lahir.

HIV

Virus mematikan Human Immunodeficiency Virus hanya dapat ditemukan melalui tes darah rutin. Tes darah secara dini, akan membuat penderita lebih waspada dan mengetahui pengobatan apa yang harus dilakukan.

Gula darah

Diabetes memang dapat dilihat dari beberapa gejala, seperti haus, mudah lelah dan gampang mengantuk. Meski begitu, gula darah tetap masih dibutuhkan, tujuannya adalah untuk memantau tingkat kadar gula darah.

Baca  Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar dan Tips Mengatasi

Kelenjar gondok

Banyak anak muda yang menderita gangguan tiroid atau kelenjar gondok. Ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga, dengan melakukan tes darah rutin gejala tiroid dapat dideteksi lebih awal.

Kanker

Kanker sering dideteksi lewat tes darah normal. Jika jumlah hemoglobin abnormal, atau sel darah putih tinggi, ini bisa menunjukkan karsinoma atau pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Mulai sekarang marilah kita rajin-rajin menjaga kondisi kesehatan yang dimulai dengan tes darah secara berkala. Semoga kita semua dalam kedaan sehat selalu.

Bagaimana komentar kamu tentang informasi diatas?
Share ke Social Media
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyebab Sariawan di Bibir yang Harus Diwaspadai

17 November 2022 - 11:58 WIB

4 Penyebab Gusi Berdarah dan Metode Pencegahan

16 November 2022 - 09:40 WIB

Penyebab gusi berdarah - cuitnews

4 Penyebab Gusi Bengkak Sakit Dan Cara Mengurangi Nyeri

15 November 2022 - 17:29 WIB

Penyebab Gusi Bengkak - Cuitnews

5 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi Paling Baik

14 November 2022 - 13:10 WIB

Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi - Cuitnews

Ragam 4 Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Negara Tropis

13 November 2022 - 11:58 WIB

Penyakit kulit pada kaki - Cuitnews

Metode Paling Ideal Menurunkan Tekanan Darah

12 November 2022 - 22:48 WIB

Menurunkan Tekanan Darah - Cuitnews
Trending di Kesehatan