Hit enter after type your search item

Rekomendasi 4 Jenis Obat Kumur Sakit Gigi dan Fungsinya

/
/
/
26 Views

Kebersihan gigi dan mulut selalu menjadi perhatian bagi banyak orang. Hal ini juga yang membuat penggunaan pasta gigi hingga tambahan obat kumur. Apalagi sudah banyak jenis obat kumur yang membantu meningkatkan kesehatan pada mulut dan gigi. Namun, perlu diingat fungsi dari obat kumur memang harus diterapkan dengan jenis yang ideal.
sebagian orang mungkin sering menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini memang sangat lazim mengingat berbagai produk juga menawarkan fungsi sama. Namun, perlu diingat bahwa ada beragam manfaat lain dari obat kumur yang tersedia. Tentu saja seluruh manfaat didapatkan berdasarkan dari jenis obat kumur dengan kandungan atau bahan aktif di dalamnya.

Ragam jenis obat kumur yang ada di pasaran

Rekomendasi 4 Jenis Obat Kumur Sakit Gigi dan Fungsinya cuitnews

Saat ini, jenis dari obat kumur yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua seperti obat kumur yang berfungsi hanya untuk menyegarkan mulut dan obat kumur yang berfungsi untuk mengatasi masalah gigi dan mulut. Seluruh jenis obat kumur seperti ini bisa didapatkan dengan resep dokter maupun pembelian langsung di beberapa tempat seperti apotek. Berikut ini ada beberapa jenis obat kumur yang wajib tahu seperti dibawah ini.

Baca juga Cara mengobati penyakit Ginjal dengan biji Alpukat

1. Chlorhexidine

Salah satu dari jenis obat kumur adalah Chlorhexidine. Jenis dari Chlorhexidine merupakan obat kumur berfungsi mengurangi jumlah bakteri di mulut dan mengatasi peradangan pada gusi. Manfaat obat kumur ini memang lebih pada kesehatan medis bagian mulut dan gusi. Tentu saja Chlorhexidine hanya dapat diperoleh melalui resep dokter. Hal ini karena terdapat kandungan tertentu yang harus disesuaikan dengan kondisj mulut. Bila terlalu sering digunakan tanpa anjuran dokter maka obat kumur ini dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi mulut hingga mulut kering. Metode penggunaan yang berlaku juga harus sesuai saran dokter.

2. Hidrogen peroksida

Jenis lain dari obat kumur yang tersedia di pasaran termasuk Hidrogen peroksida. Perlu dipahami bahwa Hidrogen peroksida termasuk zat yang banyak digunakan dalam produk pembersih. Kandungan pada zat ini memiliki sifat antibakteri ini juga aman digunakan sebagai obat kumur sakit gigi. Perbandingan dari konsentrasinya hanya 1–3% yang paling aman untuk penggunaan mulut dan gigi. Hal penting lain yang harus diketahui adalah zat aktif ini memiliki manfaat untuk meredakan pembengkakan gusi dan memutihkan gigi tanpa efek samping berlebihan. Penggunaan yang berlebihan pada obat umur ini akan membuat kerusakan jaringan pulpa dan saraf gigi. Bahkan, bisa saja menjadikan gigi lebih sensitif dari kondisi sebelumnya. Ini yang membuat penggunaan obat kumur sakit gigi yang mengandung hidrogen peroksida harus sesuai anjuran dokter.

Baca  Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar dan Tips Mengatasi

3. Obat kumur fluoride

Ini menjadi obat kumur paling sering ditemui di pasaran. Saat ini, sudah banyak obat kumur sakit gigi yang beredar di pasaran mengandung bahan aktif fluoride. Zat aktif seperti Fluoride terbukti efektif memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang yang diakibatkan oleh zat asam atau bakteri. Biasanya obat kumur jenis ini sangat bermanfaaf bagi pengguna yang memiliki resiko pembentukan karang gigi. Kondisi ini kerap terjadi pada lansia dan orang yang kurang merawat kesehatan gigi. Banyak dokter gigi yang juga menyarankan bagi penderita mulut kering untuk berkumur dengan produk seperti ini. Tentu saja penggunaan harus sesuai dengan resep dokter. Penggunaan obat kumur sakit gigi mengandung fluoride yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping berupa iritasi pada mulut. Bahkan, warna gigi juga akan berubah secara drastis.

4. Jenis herbal

Jenis obat kumur ini sering berfungsi sebagai obat kumur sakit gigi dengan kandungan seperti eucalyptus, jahe, dan peppermint. Selain itu, kandungan herbal dari obat kumur ini bersifat antiradang dan antibakteri, sehingga banyak digunakan sebagai obat kumur sakit gigi. Penggunaan ini tanpa resep dokter.

Baca juga Manfaat Eucalyptus untuk Kesehatan

Share this on Social Media
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar