Hit enter after type your search item

5 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi Paling Baik

/
/
/
12 Views

Gigi sensitif bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi kondisi gigi yang bermasalah selalu menjadi penyebab utama. Secara garis besar gigi sensitif adalah kondisi munculnya rasa nyeri dan ngilu pada gigi secara berlebihan untuk waktu lama.

Hal seperti ini kerap terjadi pada saat gigi memberikan reaksi berlebihan terhadap rangsangan tertentu. Misalnya saja rasa ngilu atau nyeri pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman dengan suhu panas atau dingin.

Beberapa Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab Gigi Sensitif - Cuitnews
Ilustrasi Gigi Sensitif (sumber pexels.com)

Ada beberapa penyebab gigi sensitif yang harus dipahami. Hal ini juga membantu untuk mendapatkan solusi paling ideal. Berikut ini beberapa penyebab dari gigi sensitif seperti:

Mengkonsumsi makanan panas

Perlu diingat bahea menyantap makanan yang baru disajikan dan menyeruput minuman dingin memberikan dampak sangat buruk. Hal ini membuat lapisan enamel atau email pada gigi dapat terkikis, sehingga gigi menjadi sensitif dan rentan terasa ngilu. Bahkan, pada beberapa kasus bagian gigi bisa berlubang.

Menyikat gigi terlalu kuat dan keras.

Penyebab lain yang harus diketahui adalah penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar. Ini membuat lapisan terluar dari gigi juga akan semakin terkikis. Kondisi dari gigi memang membutuhkan pilihan sikat yang lembut. Jangan pernah beranggapan semakin keras sikat akan semakin baik.

Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol

Ini juga menjadi penyebab gigi sensitif yang paling sering terjadi. Banyak obat kumur mengandung alkohol dan memberikan dampak negatif. Selain itu, hindari juga proses pemutihan gigi secara tidak profesional.

Sering mengalami muntah

Kondisi GERS atau penyakit refluks asam lambung (GERD) hingga angguan pengosongan lambung (gastroparesis) bisa membuat gigi menjadi lebih sensitif. Hal ini karena kandungan asam yang berlebihan sekitar mulut.

Baca  5 Cara Mudah Menghindari Jerawat Pada Pria

Meskipun demikian, belum tentu masalah berasal refluks asam lambung, oleh karena itu perlu mengetahui Beda Refluks Asam Lambung, Heartburn, dan GERD.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Paling Ideal

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara mengatasi gigi sensitif ringan. Metode yang digunakan dianggap sangat aman. Namun, metode ini harus dilakukan secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Beberapa solusi dalam mengatasi gigi sensitif seperti:

Menggunakan pasta gigi sesuai kebutuhan

Salah satu cara mengatasi gigi sensitif tentu saja dengan menggunakan pasta gigi sesuai kebutuhan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan pasta gigi yang memang ditujukan untuk gigi sensitif. Pertimbangkan juga seluruh komposisi yang terdapat pada bagian pasta gigi.

Sikat gigi dua kali sehari

Lakukan sikat gigi selama 2 kali dalam sehari. Metode paling ideal adalah di pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Hindari juga menyikat gigi terlalu kuat dan keras. Hal itu justru membuat lapisan gigi mengalami kerusakan yang sangat besar.

Hati-hati menggunakan mouthwash

Bila ingin menggunakan obat kumur maka pilih sesuai dengan kondisk gigi. Hindari produk yang mengandung alkohol. Kandungan itu justru memberikan efek yang sangat buruk bagi gigi.

Perhatikan kondisi makanan

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu gigi ngilu. Beberapa jenis makanan dan minuman itu adalah yang terlalu panas atau dingin. Selain itu, pastikan untuk tidak melakukan sikat gigi setelah makan atau minum. Berkumurlah dengan air putih terlebih dahulu. Setelah 30 menit baru lakukan sikat gigi.

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Coba lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dokter akan memberikan saran terbaik pada kondisi gigi sensitif. Ini adalah rekomendasi terbaik untuk mengetahui penyebab gigi sensitif dan perawatan yang tepat untuk mengatasi gigi sensitif.

Share this on Social Media
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar