Menu

Mode Gelap
LGBT : Sebuah Sekte Sex Baru Melalui Gerakan Penularan Sedunia 26+ Contoh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Paling Cepat Adalah Unik 25+ Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Brainly Paling Mudah 30+ Mind Map Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Paling Mudah Info Seputar Teknologi Informasi Komunikasi Dan Transportasi Paling Baru

Kesehatan · 15 Nov 2022 17:29 WIB ·

4 Penyebab Gusi Bengkak Sakit Dan Cara Mengurangi Nyeri


 4 Penyebab Gusi Bengkak Sakit Dan Cara Mengurangi Nyeri Perbesar

Mulut dan bagian gusi memang membutuhkan perawatan intensif. Hal ini untuk menghindari kerusakan hingga gusi bengkak. Apalagi kondisi gusi bengkak sering kali disertai dengan rasa sakit. Selain itu, gangguan ini juga membuat area bagian mulut terasa tak nyaman. Bahkan, ini juga memberikan dampak buruk seperti mengganggu aktivitas hingga menyebabkan gigi tanggal.

Secara umum, gusi bengkak akan berwarna merah dan terasa sedikit menonjol atau bengkak. Kondisi pada gusi bengkak yang disertai nyeri juga akan menjadi lebih sensitif dan mudah teriritasi. Bahkan, ini membuat efek lebih buruk seperti kondisi mudah berdarah saat menyikat gigi.

Penyebab gusi bengkak yang harus tahu

Penyebab gusi bengkak - Cuitnews

Ilustrasi Perawatan gusi dan gigi (sumber pexels.com)

Ada beberapa kondisi yang membuat gusi menjadi bengkak dan sakit. Biasanya ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor kesehatan mulut. Berikut ini beberapa penyebab gusi bengkak seperti:

Gingivitis

Salah satu penyebab gusi bengkak yang sering terjadi adalah Gingivitis. Kondiso seperti ini memang sangat jarang disadari. Hal ini karena karena gejala yang timbul dianggap sangat ringan atau bahkan tidak terasa sama sekali. Faktor Gingivitis sering terjadi karena kurangnya kebersihan mulut. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan plak serta karang pada gigi dan gusi. Ini juga terjadi pada saat kurang menjaga kebersihan seperti tidak rutin menggosok gigi.

Saran yang selalu diberikan tentu saja rutin menggosok gigi sehingga terhindar dari penumpukan plak. Semakin banyak jumlah plak maka potensi gusi bengkak juga semakin besar. Hal ini akan membuat kondisi mulut semakin bermasalah.

Baca  4 Jenis Penyakit Saraf Yang Harus Dipahami

Kehamilan

Penyebab lain yang sering terjadi adalah kehamilan. Sebenarnya ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh selama masa kehamilan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah pembengkakan gusi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh perubahan hormon selama masa kehamilan dalam durasi tertentu.
Perubahan hormon tersebut juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Biasanya hal ini disertakan dengan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang berkurang. Bahkan, kondisi ini sering terjadi pada infeksi bagian rongga mulut.

Malnutrisi

Tentu saja nutrisi sangat penting bagi kesehatan gusi. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Fungsi utama yang didapatkan adalah agar kebutuhan nutrisi tubuh pun tetap terpenuhi dan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi nutrisi dengan kandungan vitamin B dan vitamin C. Nutrisi ini penting bagi kesehatan gusi dalam jangka waktu yang sangat lama.

Infeksi

Biasanya infeksi disebabkan oleh jamur atau virus juga bisa membuat gusi bengkak sakit. Salah satu penyakit yang ditemui adalah herpes. Penyakit dengan bakteri ini bisa membuat gusi menjadi bengkak. Bahkan, kondisi seperti sariawan juga memberikan dampak yang sangat buruk bagi gusi yang bengkak dan sakit.

Cara mengatasi gusi bengkak dengan mudah

Ada beberapa cara dan solusi mengatasi gusi yang bengkak. Metode yang digunakan juga dianggap sangat aman. Selain itu, cara seperti ini memang sangat dianjurkan untuk durasi yang lebih lama. Beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak seperti:

Baca  Rekomendasi 4 Jenis Obat Kumur Sakit Gigi dan Fungsinya

Sikat gigi secara teratur

Cobalah untuk sikat gigi secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dan terhindar dari penumpukan plak. Selain itu, pastikan gunakan sikat gigi yang lembut. Ini membantu membersihkan gigi dengan aman. Untuk hasil maksimal gunakan obat kumur, baca Rekomendasi 4 Jenis Obat Kumur Sakit Gigi dan Fungsinya.

Konsumsi vitamin C

Jangan lupa mengkonsumsi nutrisi dengan kandungan vitamin C. Biasanya kandungan ini terdapat pada sayuran hingga buah. Semakin sering mengkonsumsi buah dan sayuran maka kesehatan gusi juga akan semakin terjaga dengan sangat baik.

Bagaimana komentar kamu tentang informasi diatas?
Share ke Social Media
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Penyebab Sariawan di Bibir yang Harus Diwaspadai

17 November 2022 - 11:58 WIB

4 Penyebab Gusi Berdarah dan Metode Pencegahan

16 November 2022 - 09:40 WIB

Penyebab gusi berdarah - cuitnews

5 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi Paling Baik

14 November 2022 - 13:10 WIB

Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi - Cuitnews

Ragam 4 Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Negara Tropis

13 November 2022 - 11:58 WIB

Penyakit kulit pada kaki - Cuitnews

Metode Paling Ideal Menurunkan Tekanan Darah

12 November 2022 - 22:48 WIB

Menurunkan Tekanan Darah - Cuitnews

Metode Ideal Mengatasi Telinga Berdarah Dan Rasa Nyeri

12 November 2022 - 22:33 WIB

Mengatasi Telinga Berdarah - Cuitnews
Trending di Kesehatan