Hit enter after type your search item

4 Penyebab Gusi Bengkak Sakit Dan Cara Mengurangi Nyeri

/
/
/
12 Views

Mulut dan bagian gusi memang membutuhkan perawatan intensif. Hal ini untuk menghindari kerusakan hingga gusi bengkak. Apalagi kondisi gusi bengkak sering kali disertai dengan rasa sakit. Selain itu, gangguan ini juga membuat area bagian mulut terasa tak nyaman. Bahkan, ini juga memberikan dampak buruk seperti mengganggu aktivitas hingga menyebabkan gigi tanggal.

Secara umum, gusi bengkak akan berwarna merah dan terasa sedikit menonjol atau bengkak. Kondisi pada gusi bengkak yang disertai nyeri juga akan menjadi lebih sensitif dan mudah teriritasi. Bahkan, ini membuat efek lebih buruk seperti kondisi mudah berdarah saat menyikat gigi.

Penyebab gusi bengkak yang harus tahu

Penyebab gusi bengkak - Cuitnews
Ilustrasi Perawatan gusi dan gigi (sumber pexels.com)

Ada beberapa kondisi yang membuat gusi menjadi bengkak dan sakit. Biasanya ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor kesehatan mulut. Berikut ini beberapa penyebab gusi bengkak seperti:

Gingivitis

Salah satu penyebab gusi bengkak yang sering terjadi adalah Gingivitis. Kondiso seperti ini memang sangat jarang disadari. Hal ini karena karena gejala yang timbul dianggap sangat ringan atau bahkan tidak terasa sama sekali. Faktor Gingivitis sering terjadi karena kurangnya kebersihan mulut. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan plak serta karang pada gigi dan gusi. Ini juga terjadi pada saat kurang menjaga kebersihan seperti tidak rutin menggosok gigi.

Saran yang selalu diberikan tentu saja rutin menggosok gigi sehingga terhindar dari penumpukan plak. Semakin banyak jumlah plak maka potensi gusi bengkak juga semakin besar. Hal ini akan membuat kondisi mulut semakin bermasalah.

Kehamilan

Penyebab lain yang sering terjadi adalah kehamilan. Sebenarnya ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh selama masa kehamilan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah pembengkakan gusi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh perubahan hormon selama masa kehamilan dalam durasi tertentu.
Perubahan hormon tersebut juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Biasanya hal ini disertakan dengan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang berkurang. Bahkan, kondisi ini sering terjadi pada infeksi bagian rongga mulut.

Baca  Metode Ideal Mengatasi Telinga Berdarah Dan Rasa Nyeri

Malnutrisi

Tentu saja nutrisi sangat penting bagi kesehatan gusi. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Fungsi utama yang didapatkan adalah agar kebutuhan nutrisi tubuh pun tetap terpenuhi dan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi nutrisi dengan kandungan vitamin B dan vitamin C. Nutrisi ini penting bagi kesehatan gusi dalam jangka waktu yang sangat lama.

Infeksi

Biasanya infeksi disebabkan oleh jamur atau virus juga bisa membuat gusi bengkak sakit. Salah satu penyakit yang ditemui adalah herpes. Penyakit dengan bakteri ini bisa membuat gusi menjadi bengkak. Bahkan, kondisi seperti sariawan juga memberikan dampak yang sangat buruk bagi gusi yang bengkak dan sakit.

Cara mengatasi gusi bengkak dengan mudah

Ada beberapa cara dan solusi mengatasi gusi yang bengkak. Metode yang digunakan juga dianggap sangat aman. Selain itu, cara seperti ini memang sangat dianjurkan untuk durasi yang lebih lama. Beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak seperti:

Sikat gigi secara teratur

Cobalah untuk sikat gigi secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dan terhindar dari penumpukan plak. Selain itu, pastikan gunakan sikat gigi yang lembut. Ini membantu membersihkan gigi dengan aman. Untuk hasil maksimal gunakan obat kumur, baca Rekomendasi 4 Jenis Obat Kumur Sakit Gigi dan Fungsinya.

Konsumsi vitamin C

Jangan lupa mengkonsumsi nutrisi dengan kandungan vitamin C. Biasanya kandungan ini terdapat pada sayuran hingga buah. Semakin sering mengkonsumsi buah dan sayuran maka kesehatan gusi juga akan semakin terjaga dengan sangat baik.

Share this on Social Media
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar