Menu

Mode Gelap
LGBT : Sebuah Sekte Sex Baru Melalui Gerakan Penularan Sedunia 26+ Contoh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Paling Cepat Adalah Unik 25+ Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Brainly Paling Mudah 30+ Mind Map Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Paling Mudah Info Seputar Teknologi Informasi Komunikasi Dan Transportasi Paling Baru

Kesehatan · 2 Nov 2022 22:46 WIB ·

6 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Harus Diwaspadai


 6 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Harus Diwaspadai Perbesar

Salah satu jenis penyakit yang banyak diderita saat ini adalah kanker kelenjar getah bening. Jenis penyakit ini membutuhkan perhatian serius. Selain itu, penyakit ini juga memiliki tingkat yang berbeda. Bila mendapatkan pengobatan dengan baik maka tingkat kesembuhan semakin tinggi. Perlu diingat bahwa kanker kelenjar getah bening atau limfoma menjadi penyakit yang sangat ditakuti. Hal ini terjadi karena bisa menyebabkan kematian bagi penderita. Jumlah dari penderita kanker kelenjar getah bening di dunia terus meningkat.

Beberapa gejala kanker kelenjar getah bening

Penyakit kanker kelenjar getah bening merupakan gangguan pada sel darah putih dalam sistem limfatik yang sangat berlebihan. Tentu saja jenis dari kanker ini sangat berbeda dengan kanker darah atau leukemia. Secara garis besar kanker kelenjar getah bening terdiri dari berbagai jenis dengan gejala dan pengobatan yang berbeda. Saat ini ada dua limfoma yang paling sering ditemukan seperti limfoma Hodgkin dan limfoma Non-Hodgkin. Gejala dari jenis kanker kelenjar getah bening itu seperti:

1. Benjolan

Salah satu dari gejala kanker kelenjar getah bening adalah munculnya benjolan di beberapa bagian tubuh. Paling sering benjolan ini terdapat pada leher, ketiak hingga selangkangan. Gejala ini menjadi tanda yang sangat penting bahwa terjadi gangguan pada kelenjar getah bening. Biasanya pada awal gejala ukuran dari benjolan memang tidak terlalu besar. Bila tidak mendapatkan perhatian serius maka benjolan akan semakin membesar dan membuat kondisi tubuh juga semakin menurun.

Baca  Penyebab Sariawan di Bibir yang Harus Diwaspadai

2. Penurunan berat badan

Gejala lain yang patut diwaspadai adalah menurunnya berat badan yang sangat berlebihan. Biasanya ini terjadi bila tingkat kanker juga semakin tinggi. Hal ini diikuti dengan nafsu makan yang terus menurun. Akibat yang ditimbulkan tentu saja imun tubuh yang juga semakin berkurang. Dampak yang terjadi adalah tubuh mudah terserang penyakit hingga memperburuk keadaan. Beberapa benjolan pada bagian tubuh juga akan semakin bertambah besar.

3. Demam berlebihan

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening cuitnews

Ilustrasi demam berlebihan (sumber: Freepik.com)

Gejala seperti ini memang kerap terjadi. Namun, jangan terlalu menganggap enteng bila mengalami demam yang sangat berlebihan. Ini justru membuat penderita terus demam untuk jangka waktu panjang. Bila demam seperti ini terjadi dan penderita mengkonsumsi obat anjuran namun tidak ada perubahan maka hal ini harus mendapatkan perhatian serius. Kondisi demam ini juga diikuti dengan nafsu makan berkurang, letih lesu hingga tidak memiliki tenaga dalam melakukan gerakan ringan pada tubuh.

4. Mengalami lelah

Penderita dari gejala kanker kelenjar getah bening juga akan mengalami rasa lelah yang terus-menerus. Kondisi seperti ini bahkan terjadi setiap saat. Selain itu, rasa lelah yang dialami penderita membuat seluruh aktifitas terganggu. Kondisi fisik ini diikuti muka yang sangat pucat. Namun, lelah pada tubuh ini tidak diikuti dengan keluarnya keringat pada tubuh. Ini yang membuat imunitas pada badan semakin terganggu. Bahkan, beberapa penderita juga mengalami demam yang tinggi.

Baca  5 Ciri-Ciri Jantung Lemah pada Wanita yang Harus Dipahami

5. Selalu berkeringan pada malam hari

Biasanya gejala ini menjadi sangat umum dan dialami banyak penderita. Penyakit ini membuat metabolisme pada tubuh semakin terganggu. Keluarnya keringat pada malam hari dianggap sangat tidak wajar. Apalagi hal ini juga terjadi pada saat hawa yang dingin di dalam maupun luar ruangan. Bahkan, jumlah keringat yang keluar pada malam hari terlalu banyak dan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

6. Sesak napas berlebihan

Penderita gejala kanker ini juga kerap mengalami sesak napas. Ini akibat adanya gangguan pada fungsi organ pernapasan karena auto imun hingga pembengkakan di beberapa bagian.

Jika kamu mengalami salah satu gejala diatas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter supaya kamu mendapat penanganan cepat dan dapat terhindar dari penyakit kanker kelenjar getah bening.

Bagaimana komentar kamu tentang informasi diatas?
Share ke Social Media
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyebab Sariawan di Bibir yang Harus Diwaspadai

17 November 2022 - 11:58 WIB

4 Penyebab Gusi Berdarah dan Metode Pencegahan

16 November 2022 - 09:40 WIB

Penyebab gusi berdarah - cuitnews

4 Penyebab Gusi Bengkak Sakit Dan Cara Mengurangi Nyeri

15 November 2022 - 17:29 WIB

Penyebab Gusi Bengkak - Cuitnews

5 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi Paling Baik

14 November 2022 - 13:10 WIB

Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi - Cuitnews

Ragam 4 Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Negara Tropis

13 November 2022 - 11:58 WIB

Penyakit kulit pada kaki - Cuitnews

Metode Paling Ideal Menurunkan Tekanan Darah

12 November 2022 - 22:48 WIB

Menurunkan Tekanan Darah - Cuitnews
Trending di Kesehatan