Hit enter after type your search item

Penyebab Sariawan di Bibir yang Harus Diwaspadai

/
/
/
13 Views

Sariawan merupakan kondisi luka pada bagian bibir atau mulut dan menimbulkan rasa nyeri. Biasanya penyebab sariawan di bibir terjadi akibat bakteri hingga kondisi mulut yang tidak sehat sama sekali. Perlu diingat bahwa sariawan di bibir pernah terjadi pada banyak orang. Efek yang ditimbulkan tentu saja perih.

Bahkan, sebenarnya tidak hanya terasa perih, keberadaannya bisa membuat susah untuk makan dan minum. Kemunculan sariawan bisa menjadi pertanda sedang mengalami gejala penyakit tertentu.

Biasanya nyeri pada sariawan muncul karena saraf yang berada tepat di bawah permukaan lapisan mulut mengalami luka dan meradang. Kondisi seperti ini yang membuat harus melakukan perawatan intensif agar tidak terjadi infeksi.

Beberapa penyebab sariawan di bibir

Sebenarnya kondisi sariawan yang terjadi di bibir memang disebabkan oleh beberapa hal. Ini membantu penderita untuk mendapatkan pengobatan yang sangat ideal. Pastikan juga tidak sedang mengalami penyakit apapun. Berikut ini ada beberapa penyebab sariawan di bibir yang harus diketahui, seperti:

Luka pada bibir

Salah satu penyebab dari sariawan di bibir adalah luka. Misalnya sana karena bibir tidak sengaja tergigit, mengunyah makanan yang keras, tambalan gigi tidak sempurna, pemakaian kawat gigi, menggosok gigi terlalu keras, atau pemakaian gigi palsu yang tidak pas, bisa menimbulkan luka. Luka inilah yang kemudian menyebabkan sariawan di bibir. Ukuran luka akan mempengaruhi rasa nyeri.

Bila pada saat luka tidak mendapatkan pengobatan dikhawatirkan ukuran luka juga semakin membesar. Hal ini akan membuat rasa perih semakin bertambah.

Iritasi

Biasanya penyebab sariawan di bibir lainnya adalah pemakaian pasta gigi atau obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulphate dan alkohol. Ini merupakan zat bersifat iritatif dan bisa menyebabkan luka pada bibir. Apalagi bila penggunaan produk itu terlalu sering maka memberikan efek yang buruk.

Selain itu, penggunaan tembakau dan asap rokok hingga konsumsi sesuatu yang pedas dan asam juga bisa menjadi penyebab munculnya iritasi yang menyebabkan sariawan pada bibir.

Ada beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat dari iritasi, sebagian sudah kami tuliskan pada artikel sebelumnya di Ragam 4 Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Negara Tropis

Baca  4 Jenis Penyakit Saraf Yang Harus Dipahami

Kurangnya nutrisi seperti vitamin

Biasanya penyebab lain dari sariawan adalah kekurangan nutrisi penting. Sariawan sering dialami bagi penderita yang kurang mengkonsumsi zat besi, zinc, asam folat, atau vitamin B12. Bahkan, berbagai vitamin juga sangat dibutuhkan bagi kesehatan gusi dan bibir. Vitamin C memiliki dampak yang sangat besar untuk terhindar dari sariawan di bibir.

Penyebab sariawan di bibir karena Infeksi

Sariawan juga bisa terjadi akibat dari infeksi virus. Misalnua saja virus herpes simpleks dan varicella-zoster yang menjadi salah satu penyebab umum sariawan di mulut. Tak hanya itu, infeksi jamur, infeksi bakteri, dan infeksi menular seksual, seperti gonore hingga HIV/AIDS juga bisa menjadi penyebab dari sariawan. Ini menjadi perhatian khusus bagi penderifa.

Autoimun

Penyakit autoimun seperti pemfigus vulgaris, rheumatoid arthritis, penyakit Crohn, lupus, atau penyakit Behcet sering menjadi penyebab dari sariawan yang berlebihan. Bahkan, kondisi yang terjadi dianggap sangat buruk.

penyebab sariawan di bibir, pemfigus vulgaris - cuitnews
Penderita Pemfigus Vulgaris pada bibir

Efek samping pengobatan

Penyebab lain dari sariawan yang terjadi di bibir adalah efek samping dari penggunaan obat. Memang ada beberapa jenis dari obat-obatan dapat menyebabkan efek samping berupa sariawan di bibir dan mulut. Obat-obatan yang dimaksud adalah obat kemoterapi, antibiotik, obat epilepsi hingga kortikosteroid jika digunakan dalam jangka panjang.

Selain itu, konsumsi jangka panjang juga memberikan efek bibir yang sangat kering. Tentu saja ini membuat kondisi dari sariawan yang lebih parah. Solusi penting yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya sariawan di bibir adalah dengan memilih obat yang tepat dan usahakan menggunakan obat alami.

Kesimpulan penyebab sariawan di bibir

Penyakit sariawan pada bibir bisa diakibatkan karena kekurangan vitamin, solusinya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, khususnya vitamin C.

Penyebab umum terjadi penyakit sariawan adalah karena iritasi dan luka pada bibir.

Setiap pengobatan pasti memiliki efek samping, oleh karena itu penanganan dan konsultasi dengan tenaga ahli medis sangat disarankan, disamping mengkonsumsi obat tertentu, obat dengan jenis herbal sangat disarankan.

Share this on Social Media
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar