Menu

Mode Gelap
LGBT : Sebuah Sekte Sex Baru Melalui Gerakan Penularan Sedunia 26+ Contoh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Yang Paling Cepat Adalah Unik 25+ Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Brainly Paling Mudah 30+ Mind Map Komunikasi Melalui Teknologi Informasi Paling Mudah Info Seputar Teknologi Informasi Komunikasi Dan Transportasi Paling Baru

Kesehatan · 1 Nov 2022 09:45 WIB ·

5 Ciri-Ciri Jantung Lemah pada Wanita yang Harus Dipahami


 5 Ciri-Ciri Jantung Lemah pada Wanita yang Harus Dipahami Perbesar

Kondisi jantung lemah memang bisa terjadi pada siapa saja. Namun, hal ini kerap dirasakan oleh para wanita. Gejala yang timbul bisa terjadi kapan saja tanpa mempertimbangkan lokasi maupun kondisi tubuh. Ini yang membuat wanita harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan pada jantung. Perlu diingat bahwa jantung lemah bisa membahayakan nyawa penderitanya bila tidak ditangani dengan benar.

Jantung lemah sering juga disebut dengan kardiomiopati. Biasanya kondisi jantung lemah pada wanita akibat dari kehamilan berisiko tinggi. Ini banyak ditemui pada kehamilan di usia lebih dari 35 tahun hingga riwayat melahirkan lebih dari sekali. Wanita yang memiliki tubuh obesitas juga kerap mengalami jantung lemah. Bila tidak segera diobati maka kardiomiopati dapat memicu denyut jantung tidak teratur. Hal yang lebih parah adalah gagal jantung.

Berbagai ciri-ciri jantung lemah pada wanita

Jantung Lemah pada Wanita

Sebenarnya banyak wanita yang mengalami jantung lemah. Namun, kondisi seperti ini memang tidak segera disadari. Selain itu, banyak kondisi umum yang menjadi pertanda bagi jantung lemah seperti sering masuk angin, sakit maag berlebihan dan lainnya. Berikut ini ada beberapa ciri jantung lemah yang sering terjadi pada wanita seperti:

1. Mudah lelah

Ini menjadi salah satu dari ciri jantung lemah pada wanita. Kondisi kelelahan yang dialami tentu saja akan sangat berbeda pada saat setelah beraktivitas. Rasa lelah yang berlebihan seperti ini disebabkan lemah jantung bisa terjadi setiap waktu dan tidak menghilang meski sudah beristirahat. Bahkan, wanita yang mudah lelah ini juga akan terlihat lesu. Kondisi ini tidak dapat langsung pulih sekalipun mengkonsumsi banyak vitamin hingga nutrisi. Selain itu, banyak wanita yang memang langsung beristirahat dengan durasi lama untuk mengatasi lelah berlebihan.

Baca  Cara mengobati penyakit Ginjal dengan biji Alpukat

2. Mengalami Palpitasi

Ciri lain yang sebenarnya wajib diwaspadai adalah Palpitasi. Kondisi Palpitasi adalah organ jantung yang berdebar dengan sangat cepat dan tidak dapat terkontrol sama sekali. Biasanya hal ini sering terjadi setelah berolahraga ruitn, mengonsumsi minuman beralkohol atau berkafein hingga mengalami cemas berlebihan. Hal ini juga membuat kondisi jantung yang berdebar tidak normal. Bila jantung berdebar terus-menerus tanpa dipicu kegiatan tertentu maka dipastikan bahwa sedang terjadi Palpitasi. Perlu diingat bahwa kondisi seperti tidak terbatas oleh waktu. Ini bisa terjadi kapan saja dan kambuh seketika untuk waktu lama.

Orang yang mengalami Palpilasi pada umumnya denyut jantung tidak beraturan dan cenderung lebih cepat dari denyut jantung normal.

3. Sering terjadi sesak napas

Ciri lain yang sebenarnya wajib diwaspadai dari kondisi jantung lemah adalah mengalami sesak napas. Biasanya sesak yang terjadi ini akibat dari gangguan di jantung umumnya muncul ketika penderitanya melakukan aktivitas berat atau tidur telentang. Rasa sesak ini bisa kambuh secara tiba-tiba. Posisi tidur yang salah hingga lapisan tempat tidur yang kurang baik juga bisa membuat sesak napas berlebihan. Kondisi ini sangat mengganggu bagi banyak wanita. Bahkan, sesak napas mudah terjadi saat mens.

4. Bagian tubuh yang bengkak

Ciri lain yang wajib diketahui adalah kondisi Edema atau bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Biasanya penyebab utama kondisi ini adalah aliran darah tidak kembali secara sempurna ke jantung. Tentu saja hal ini menjadikan darah menumpuk di pembuluh darah hingga mengali kebocoran ke jaringan sekitarnya. Bagian pembengkakan seperti ini bisa dilihat pada bagian kaki, tungkai, paha, perut, maupun leher.

Baca  4 Jenis Penyakit Saraf Yang Harus Dipahami

5. Tekanan darah yang rendah

Ini juga sering terjadi pada wanita yang memiliki lemah jantung. Tekanan darah akan menjadi lebih
rendah seiring berjalannya waktu. Hal ini terjadi saat kemampuan jantung dalam memompa darah sudah semakin lemah. Bahkan, kondisi ini juga disertakan pada saat mengalami sesak napas hingga kecemasan. Selain itu, gejala ini memberikan dampak untuk sulit mengalami pernapasan.

Bagaimana komentar kamu tentang informasi diatas?
Share ke Social Media
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Penyebab Sariawan di Bibir yang Harus Diwaspadai

17 November 2022 - 11:58 WIB

4 Penyebab Gusi Berdarah dan Metode Pencegahan

16 November 2022 - 09:40 WIB

Penyebab gusi berdarah - cuitnews

4 Penyebab Gusi Bengkak Sakit Dan Cara Mengurangi Nyeri

15 November 2022 - 17:29 WIB

Penyebab Gusi Bengkak - Cuitnews

5 Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi Paling Baik

14 November 2022 - 13:10 WIB

Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi - Cuitnews

Ragam 4 Penyakit Kulit yang Sering Terjadi di Negara Tropis

13 November 2022 - 11:58 WIB

Penyakit kulit pada kaki - Cuitnews

Metode Paling Ideal Menurunkan Tekanan Darah

12 November 2022 - 22:48 WIB

Menurunkan Tekanan Darah - Cuitnews
Trending di Kesehatan