Hit enter after type your search item

5 Kesalahan Berbahaya Saat Sarapan

/
/
/
40 Views

Manfaat sarapan memang sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh jika dilakukan dengan cara yang benar, namun ada juga kesalahan berbahaya saat sarapan. Sejak lama dipercaya bahwa sarapan adalah waktu makan yang utama. Hal ini memang benar adanya karena selama tidur, tubuh, terutama otak tetap bekerja dan tidak ikut tidur.

Karena itu, di pagi hari tubuh membutuhkan energi melalui makanan yang dikonsumsi. Meski begitu, jangan sembarangan makan apapun saat sarapan. Konsumsi makanan yang menyehatkan dan kaya protein.

Kesalahan Berbahaya Saat Sarapan

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat sarapan supaya kita menjaga pola hidup sehat terutama terkait dengan pola makan sehat dipagi hari.

Melewatkan Sarapan

Kesalahan berbahaya saat sarapan yang pertama adalah melewatkan sarapan, ini adalah hal yang banyak dilakukan orang yang sebaiknya dihindari. Tubuh membutuhkan energi di pagi hari dan ini harus didapatkan melalui sarapan. Jika tak punya banyak waktu di pagi hari, siapkan sarapan pada malam sebelumnya.

Bahaya Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan dapat meningkatkan resistensi insulin yang berujung pada penyakit diabetes pada wanita dan serangan jantung pada laki-laki karena melonjaknya darah gula dalam darah dan tersumbatnya arteri.

Makan Terlalu Banyak

Melewatkan sarapan adalah kesalahan, begitu juga dengan makan terlalu banyak saat sarapan. Makan makanan yang menyehatkan lebih penting daripada makan banyak. Karena makan terlalu banyak saat sarapan akan membuat cepat ngantuk dan menjadi tak bersemangat.

Sarapan yang baik adalah jumlahnya tidak terlalu banyak dan harus ada protein dan serat. Gunakan Kabrohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti gandum utuh sebagai pengganti nasi , tidak terburu2 dikunyah sampai halus , tidak sambil menonton televisi atau memainkan smartphone/gadget

Baca  Cara pertolongan pertama pada penderita Stroke

Jangan makan makanan yang mengandung karbohidrat lagi jika sudah mengkonsumsi karbohidrat.

Contoh : habis minum susu makan roti jelas salah. Susu mengandung karbohidrat dan roti juga , akibatnya pasti nanti siangnya ngantuk karena kelebihan karbohidrat dan tidak bagus juga buat gula darah. Kalo minum susu sama telur dan tambahkan sedikit sayur atau salad. Minum susunya jangan susu kedelai tapi susu biasa atau full cream.

Bahaya Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak dapat mengakibatkan penurunan otak karena asupan kalori yang terlalu berlebihan.
Meminum susu kedelai dicampur dengan telur dapat menyebabkan penghambatan penyerapan kalsium.

Menu Sarapan Tidak Bervariasi

Makan makanan yang sama setiap hari memang mudah dan nyaman, namun sebaiknya tidak makan makanan yang sama setiap pagi, seperti sereal saja atau lainnya ( akan kekurangan nutrisi ). Cobalah untuk melakukan variasi dengan menu sarapan, dan pastikan juga konsumsi makanan bergizi.

Bahaya Menu Sarapan Tidak Bervariasi

Kesehatan akan terganggu karena gizi dan nutrisi yang diserap tidak berimbang.

Terburu-buru

Terlalu terburu-buru saat sarapan akan membuat tersedak. Selain itu, mendorong makanan dengan jus atau air hanya akan memperlambat proses pencernaan. Jangan terburu-buru saat sarapan. Konsumsi dan kunyah makanan dengan perlahan.

Bahaya Makan Terburu-buru

Terburu-buru saat makan dpat menyebabkankan kegemukan dan perut kembung.

Makan di Jalan

Banyak orang yang bangun terlambat dan akhirnya membeli makanan mereka di jalan atau makan seadanya dengan membeli roti dan lainnya. Selain ini bisa mengganggu konsentrasi menyetir jika makan sambil mengemudi. Selain itu, akan kehilangan energi ketika makan sambil berjalan atau melakukan aktivitas lain.

Bahaya Makan di Jalan

Dapat meningkatkan resiko kesehatan seperti keracunan makanan, infeksi kulit hingga muntah.

Inilah beberapa kesalahan berbahaya saat sarapan dan bahaya yang akan ditimbulkan jika mengabaikannya. Mulai sekarang hindari kebiasaan buruk tersebut karena sarapan itu penting.

Share this on Social Media
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar