Hit enter after type your search item

Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar dan Tips Mengatasi

/
/
/
57 Views

Banyak orang mulai sering mengalami buang air besar tidak lancar akibat gangguan metabolisme. Kondisi seperti ini sering disebut dengan konstipasi. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan buang air besar yang sangat jarang. Bahkan, ada juga yang mengalami susah BAB dengan perhitungan kurang 3 kali dalam seminggu. Dampak yang ditimbulkan tentu saja membuat feses menjadi kering dan keras sehingga sulit dikeluarkan.

Berbagai penyebab buang air besar tidak lancar

Biasanya kondisi dari BAB yang tidak lancar akibat gangguan saluran feses saat melewati usus besar yang dianggal lebih lambat dari biasanya. Tentu saja ini mengakibatkan usus besar membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap air yang terkandung di dalam feses. Pada akhirnya feses menjadi kering dan sukar untuk dikeluarkan. Ini menjadi perhatian yang sangat serius sehingga membuat banyak orang harus memahami penyebab buang air besar tidak lancar seperti:

1. Kurang konsumsi serat makanan

Salah satu dari penyebab buang air besar tidak lancar adalah kurang konsumsi serat makanan. Perlu diketahui bahwa serat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membuat feses menjadi lembut dan berukuran lebih besar atau normal. Bila tubuh mengalami kurang serat maka proses pencernaan menjadi terganggu dan menyebabkan feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

2. Makanan lemak tinggi

Penyebab lain dari susah BAB adalah konsumsi makanan yang hingga minuman yang dianggap kurang baik bagi tubuh. Beberapa jenis makanan dan minuman yang sebenarnya memberikan dampak buruk bagi pencernaan seperti makanan yang tinggi akan kandungan lemak, ragam makanan yang mengandung gluten hingga jenis minuman dengan kandungan kafein atau alkohol.

3. Sangat jarang berolahraga

Susah BAB juga disebabkan oleh kurangnya olahraga hingga latihan fisik. Perlu dipahami bahwa kegiatan fisik seperti olahraga dapat merangsang gerak peristaltik di usus. Bila tidak melalukan olahraga sama sekali maka pergerakan peristaltik akan melemah sehingga membuat feses berada lebih lama di usus besar.

Baca  5 Cara Mudah Menghindari Jerawat Pada Pria

4. Sering menahan BAB

Ini menjadi salah satu penyebab yang harus diwaspadai. Bila terlalu lama menahan BAB maka membuat saluran pencernaan menjadi terganggu. Hal ini juga membuat feses semakin mengering dan mengeras. Dampak yang ditimbulkan tentu saja feses akan semakin susah dikeluarkan.

5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Ini juga menjadi penyebab yang harus diketahui banyak orang. Ada berbagai jenis obatan yang memang memberikan efek samping susah BAB. Jenis obat yang bisa menyebabkan buang air besar tidak lancar seperti diuretik, antasida, antidepresan hingga zat besi berlebihan.

Baca juga Obat Batuk Anak Secara Alami

Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar

Cara ideal mengatasi buang air besar tidak lancar

Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi buang air besar yang tidak lancar. Metode ini memang ditujukan pada kondisi yang tidak terlalu berat. Pilihan cara itu seperti dijelaskan dibawah ini.

1. Selalu konsumsi serat

Hal ini harus segera dilakukan. Apalagi nutrisi serat memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan, termasuk mencegah terjadinya buang air besar tidak lancar. Kebutuhan nutrisi serat paling ideal seperti mengonsumsi 30–37 gram serat setiap hari. Ada banyak jenis makanan mengandug serat tinggi seperti sayuran hijau, buah dan lainnya.

2. Minum air secukupnya

Tentu saja harus mulai dengan minum air secukupnya. Perlu diingat untuk tidak mengonsumsi air secara berlebihan. Biasanya perhitungan paling ideal adalah 8 gelas sehari. Selalu hindari minuman berkafein dan beralkohol dalam jangka waktu lama.

3. Sering olahraga

Metode lain yang bisa digunakan asalah berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari. Cara seperti ini bisa mempersingkat waktu feses melewati usus besar, sehingga penyerapan air yang ada di dalam feses tidak terjadi secara berlebih. Kegiatan olahraga rutin bisa juga membantu menstimulasi gerak peristaltik di usus.

Semoga artikel penyebab buang air besar tidak lancar beserta tips mengatasinya ini bermanfaat untuk kita semua.

Bagaimana pendapat kamu? Tinggalkan komentar kamu pada kolom komentar dibawah ini.

Share this on Social Media
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar